Wigan Siap Sambut Pemilik Baru Akhir Bulan Juli

Klub Sepakbola Liga Inggris Divisi Championship Wigan Athletic bersiap menyambut pemilik baru pada akhir bulan Juli apabila terdapat satu kandidat kuat dari 60 lebih kandidat yang diseleksi oleh administrator finansial Wigan.

Administrator memprediksi Wigan akan memiliki pemilik baru pada akhir Juli apabila hanya ada satu kandidat dengan penawaran terbaik. Kandidat dengan penawaran terbaik akan langsung disodorkan kontrak. Calon pemilik baru juga diperbolehkan bernegosiasi mengenai syarat dan ketentuan. Setelah calon pemilik baru setuju mengenai syarat, ketentuan, dan kontrak yang berlaku, maka pihak penyelenggara liga (EFL) tinggal meratifikasi kontrak tersebut.

Apabila ada dua pihak dengan tawaran yang sama, administrator akan memberikan waktu kepada dua pihak untuk menaikkan tawaran mereka. Setelah itu, tawaran terbaik lah yang akan dipilih sebagai calon pemilik baru Wigan.

Selain itu, administrator Gerald Krasner mengatakan pihaknya akan tetap mendengarkan tawaran untuk pemain-pemain Wigan. Krasner mengatakan satu-satunya cara untuk membayar hutang gaji kepada staf dan pemain adalah dengan menjual pemain-pemain mereka pada bursa transfer mendatang (27/7).

Keputusan tersebut dibuat karena pemasukan Wigan berkurang drastis. Pandemi virus corona yang menyerang dunia membuat pertandingan harus dimainkan tanpa penonton. Hal tersebut membuat Wigan tidak dapat menjual tiket pertandingan untuk menambah pemasukan.

Krasner mengatakan pihaknya lebih banyak menolak tawaran transfer pemain karena nilai yang belum memenuhi nilai pasaran. Krasner juga mengatakan dirinya tidak bisa berjanji akan mempertahankan pemain-pemain bintang dan pemain-pemain muda karena Wigan sedang membutuhkan uang.

“Apabila kami tidak memperbaiki masalah jangka pendek ini, maka tidak akan ada jangka panjang,” ujar Krasner. “Dan apabila uang tidak masuk, kami harus menutup klub sepakbola ini,” tambah Krasner menjelaskan kenapa Wigan harus menjual pemain-pemainnya.

Dirinya mengatakan kritik akan selalu masuk mengenai nilai jual pemain yang disetujui Wigan. Krasner mengatakan pasti akan ada orang yang menilai Wigan menjual pemain dengan nilai yang rendah. Hal tersebut menurut Krasner adalah hal yang wajar karena tugasnya adalah menyelamatkan finansial Wigan bagaimana pun caranya.

Sebelumnya, Wigan telah melepas pemain mudanya Jensen Weir ke Brighton dengan nilai £500 Ribu. Weir memilih Brighton meskipun diincar oleh Tottenham karena ayahnya, David Weir, merupakan bagian dari staf kepelatihan di Brighton.

Setelah kemenangan 8-0 atas Hull City, Wigan dipastikan akan bertahan di Divisi Championship. Karena dipastikan tidak akan terdegradasi, maka hukuman pengurangan 12 poin akan berlaku pada akhir musim.