Verstappen pecundangi Hamilton di sprint race untuk pole GP Inggris

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Red Bull Max Verstappen mempecundangi juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton di kampung halamannya dengan memenangi sprint race jelang Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu.Formula 1 menguji format baru akhir pekan ini di Silverstone dengan debut sprint race yang menyaksikan para pebalap berpacu kompetitif di balapan sepanjang 100km dengan menggunakan satu set ban tanpa pitstop untuk menentukan posisi start balapan inti pada Minggu.

Poin diberikan bagi pebalap yang finis tiga besar, tiga poin untuk juara, dua untuk runner-up, dan satu untuk peringkat tiga.

Baca juga: Hamilton rebut pole untuk sprint race GP Inggris

Verstappen tampil dominan di balapan sepanjang 17 putaran itu, setelah start dari baris terdepan, ia melesat lebih baik dan mencuri posisi pimpinan lomba dari mobil Mercedes Hamilton menuju tikungan pertama.

Sejak memimpin lomba, sang pebalap Belanda tak terkejar rival terdekatnya dan finis 1,430 detik di depan Hamilton. Valtteri Bottas melengkapi podium di peringkat tiga 7,502 detik berselang, demikian catatan laman resmi Formula 1.

Verstappen kini memiliki bekal pole position di GP Inggris pada Minggu untuk mengejar kemenangan keempat secara beruntun musim ini.

Dengan tambahan tiga poin itu Verstappen memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan margin 33 poin dari Hamilton.

Baca juga: Verstappen tercepat di FP1 GP Inggris

Hamilton memegang rekor impresif di kampung halamannya dengan tujuh kemenangan di Silverstone.

Sementara Red Bull belum terkalahkan di lima balapan terakhir secara beruntun dan bakal menyulitkan Mercedes yang telah memenangi tujuh dari sembilan balapan di Silverstone.

“Saya mengerahkan segalanya hari ini, dukungan ini sangat berarti bagi saya. Besok kami akan coba lagi. Tidak enak rasanya kalah dari P1. Setiap poin berharga,” kata Hamilton yang mendapat dukungan publik tuan rumah yang memadati tribun Silverstone hari itu.

Selanjutnya pebalap Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

__Posted on
18 July 2021
__Categories
Balap