Van Dijk Adalah Jenderal Pertahanan Liverpool

LIVERPOOL – Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris 2019-2020 tentunya tak lepas dari penampilan gemilang lini pertahanan mereka. Menurut mantan pemain Liverpool, Emile Heskey, Virgil van Dijk adalah pemain yang berkontribusi paling besar dalam menggalang pertahanan The Reds.

Tercatat, sepanjang gelaran Liga Inggris 2019-2020, The Reds hanya kebobolan 33 kali. Jumlah itu merupakan yang paling sedikit dibandingkan tim-tim Liga Inggris lainnya.

Heskey pun menilai kalau Van Dijk kini telah mampu menjadi pemimpin di lini pertahanan Liverpool. Tidak hanya bermain apik, namun Van Dijk juga dianggap mampu memandu rekan-rekannya di lini belakang.

Baca juga: Bayern Dinilai Rugi Lepas Thiago ke Liverpool

Virgil van Dijk

Menurutnya, sudah cukup lama Liverpool tidak memiliki pemain yang mampu mengakomodir pertahanan dengan baik. Pemain terakhir yang dianggap Heskey mampu menjadi pemimpin lini pertahanan Liverpool adalah Jamie Carragher.

Setelah Carragher pensiun, Liverpool disebutnya selalu kesulitan menampilkan pertahanan yang solid. Disinyalir hal inilah yang membuat Liverpool kesulitan untuk bersaing memperebutkan gelar juara, hingga kemudian Van Dijk datang.

“Ketika Anda melihat Van Dijk dan ketika Anda melihat Liverpool, pada dasarnya mereka belum memiliki pemimpin itu. Saya akan melihat Jamie Carragher, seseorang yang benar-benar memimpin pertahanan,” jelas Heskey, menyadur dari The Sport Review, Rabu (26/8/2020).

“Seseorang yang benar-benar menonjol dan diperhitungkan. Seseorang yang mengatur orang di sekitarnya. Sekarang Van Dijk telah masuk dan sepertinya dia telah menjadi pemimpin,” lanjutnya.

“Dia bek yang hebat, dia cepat, dia bagus di udara, dia meneriakkan perintah. Jadi, apa lagi yang Anda butuhkan? Tampaknya semua orang yang bermain bersamanya selalu mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka juga,” pungkas Heskey.

(mrh)

Sumber