Valentino Rossi Minta Yamaha Belajar pada Suzuki

VALENCIA – Jebloknya performa motor dan mesin Yamaha pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 membuat Valentino Rossi kesal. Pembalap asal Italia itu lantas menyerukan agar pabrikan berlogo garpu tala itu belajar kepada pesaingnya, Suzuki.

Penampilan bertolak belakang ditunjukkan Yamaha dan Suzuki sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Pabrikan asal Jepang itu memang mampu merebut enam kemenangan lewat Fabio Quartararo (tiga), Franco Morbidelli (dua), dan Maverick Vinales (satu).

Akan tetapi, berbagai masalah kerap menghantam para pembalapnya. Mulai dari mesin yang kurang andal hingga top speed yang lambat. Masalah itu sampai membuat Valentino Rossi kesal. Menurutnya, Yamaha harus mulai belajar bagaimana mengoptimalkan mesin dan motor dari Suzuki.

Baca juga: Gagal Finis di Balapan Comeback-nya, Rossi Kecewa Berat dengan Yamaha

Valentino Rossi mengejar Joan Mir (Foto: MotoGP)

Kedua pabrikan itu diketahui memakai tipe mesin yang sama, yakni inline empat silinder. Sekali pun dianggap sebagai konsep yang sudah ketinggalan zaman pada kasus Yamaha, nyatanya hal serupa tidak ditemui pada Suzuki. Karena itu, Valentino Rossi meminta timnya belajar.

“Menurut saya, sepertinya kami harus belajar kepada Suzuki. Kami menggunakan mesin inline empat silinder, yang disebut-sebut konsep lawas. Namun, Suzuki sudah menunjukkan itu bukan masalah,” ujar Valentino Rossi, seperti dimuat GPOne, Senin (9/11/2020),

“MotoGP sudah banyak berubah dalam 5-6 tahun terakhir. Sayangnya, Yamaha tidak membuat langkah maju. Para teknisi yang menangani mesin di Yamaha harus memahami hal ini. Rival-rival kami tidak lagi di depan secara teknis, tetapi juga dari sudut pandang permesinan,” sergah pria berusia 41 tahun itu.

Buruknya permasalahan itu sampai membuat Yamaha dihukum pengurangan 50 poin konstruktor oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Sebab, mereka dinilai mengubah teknis mesin tanpa persetujuan dari asosiasi tim pabrikan demi mengatasi masalah yang ada.

Infografis MotoGP Eropa 2020

(mrh)

Sumber

__Posted on
9 November 2020
__Categories
All Sport