Ukuran Lapangan Bola Voli dalam Standar Nasional dan Internasional

UKURAN lapangan bola voli dalam standar nasional dan internasional jadi hal yang paling wajib diperhatikan jika ingin memainkan olahraga ini. Sebab, jika lapangan tak memiliki ukuran yang sesuai, sebuah pertandingan voli tak berjalan dengan baik.

Mengingat olahraga voli sudah dipertandingkan di kancah global, jadi ada ukuran lapangan yang ditetapkan secara internasional. Sesuai standar nasional dan internasional, ukuran lapangan voli memiliki beberapa spesifikasi.

Voli

Panjang lapangan voli adalah 18 meter, sementara lebarnya 9 meter. Kemudian, ada juga aturan soal lebar garis serang, yakni 3 meter. Daerah clearance di lapangan voli adalah daerah menghalau bola di bagian belakang 3-8 meter dan bagian samping 3-5 meter.

BACA JUGA: Adu Seksi Pevoli Cantik asal Kazakhstan, Sabina Altynbekova vs Tatyana Demyanova

Kemudian, ukuran net di lapangan voli adalah lebar 1 meter dan panjang 9 meter. Tinggi net bola voli pun beragam, untuk putra adalah 2,43 meter, sementara putri 2,24 meter.

Selanjutnya adalah soal jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli, yakni 0,5-1 meter. Untuk pita tepian samping net, lapangan voli memiliki ukuran 5 sentimeter (cm) sepanjang 1 meter. Sementara untuk tepian atas net adalah 5 cm.

Sumber

__Posted on
29 December 2020
__Categories
All Sport