Tundukkan Freiburg, Leipzig curi posisi puncak klasemen Liga Jerman

Jakarta (ANTARA) – RB Leipzig mencuri posisi puncak klasemen setelah menundukkan Freiburg dengan kemenangan 3-0 pada pertandingan putaran ketujuh yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu.Kemenangan itu membuat mereka mengoleksi 16 poin, dan berhak berada di posisi puncak, setidaknya sebelum Bayern Munich dan Borussia Dortmund bertanding pada Sabtu malam.

Sedangkan Freiburg harus turun ke posisi ke-14, dengan koleksi empat poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Leipzig harus berjuang keras pertahankan puncak
Baca juga: Leipzig takluk dari Gladbach dan gagal rebut kembali puncak klasemen

Gol pembukaan dibukukan Leipzig pada menit ke-26. Umpan silang Marcel Sabitzer disundul ke tengah kotak penalti oleh Nordi Mukiele, yang disambar oleh Ibrahima Konate untuk menjadi gol. Itu merupakan gol kedua Konate selama berkiprah di Liga Jerman.

Leipzig baru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-70. Nicolas Hoefler menjatuhkan Christopher Nkunku di dalam kotak penalti, yang membuat wasit menunjuk titik putih. Sabitzer yang dibebani tanggung jawab mengeksekusi penalti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Masih ada waktu bagi Leipzig untuk mengemas gol ketiganya. Gol tersebut tercipta pada menit ke-89 berkat tendangan bebas Angelino.

Pada pertandingan lainnya, Union Berlin melanjutkan tren positifnya dengan membantai Arminia Bielefeld lima gol tanpa balas.

Baca juga: Lima pertandingan liga paling menonjol di Eropa pekan ini

Kemenangan itu mendongkrak Union untuk menghuni zona Liga Champions. Union kini menduduki peringkat keempat dengan 12 poin, sedangkan Arminia menduduki posisi ke-15 dengan empat poin.

Gelandang Jepang Endo Keita membawa Union memimpin saat pertandingan baru berlangsung tiga menit, ketika ia menyambar umpan tarik kiriman Sheraldo Becker.

Tidak butuh waktu lama bagi Union untuk menggandakan keunggulan. Robert Andrich bekerja sama dengan Max Kruse, dan menyelesaikan peluang dengan sepakan jarak dekat pada menit ke-13.

Becker mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-45. Diawali umpan terobosan kiriman Kruse, Becker mengakhirinya dengan tembakan mendatar melewati kiper Stefan Ortega.

Pada menit ke-52, Union mendapat hadiah penalti akibat dorongan Amos Pieper terhadap Akaki Gokia. Kruse yang bertindak sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya.

Union kemudian melengkapi kemenangannya pada menit ke-89. Cedric Teuchert mampu memaksimalkan umpan terobosan Gogia untuk mengemas gol kelima tuan rumah.

Baca juga: Union Berlin kembali ke jalur kemenangan setelah tundukkan Hoffenheim
Baca juga: Hertha Berlin stop rentetan kekalahan beruntun saat imbangi Wolfsburg

Tim ibukota lainnya, Hertha Berlin, juga memetik hasil bagus pada putaran ketujuh. Melawat ke markas Augsburg, Hertha sukses mencuri kemenangan 3-0.

Hertha membuka keunggulan melalui penalti Matheus Cunha pada menit ke-44, yang diberikan wasit setelah Felix Uduokhai melanggar Jhon Cordoba di kotak terlarang.

Dodi Lukebakio menggandakan keunggulan Hertha pada menit ke-52. Diawali umpan silang Piatek Krzysztof yang mengenai Jeffrey Gouweleeuw sehingga bola terarah ke jalur pergerakannya, Lukebakio tidak membuang peluang untuk membobol gawang tuan rumah.

Piatek mengemas gol penutup Hertha pada menit ke-86. Dari satu skema serangan balik, Cunha mengirim umpan kepada Piatek yang melepaskan tembakan akurat ke sisi kanan gawang Augsburg.

Mainz 05 mencatatkan poin pertamanya musim ini, berkat keberhasilan mereka menahan imbang tamunya Schalke 04 dengan skor 2-2.

Tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui gol penalti Daniel Brosinski pada menit keenam. Namun Schalke mampu menyamakan kedudukan berkat gol tendangan bebas Mark Uth pada menit ke-36.

Schalke ganti mendapat hadiah penalti pada menit ke-45, yang sukses dimaksimalkan Jean-Philippe Mateta menjadi gol untuk membawa timnya memimpin. Namun bayang-bayang tiga poin perdana musim ini bagi Schalke buyar saat Jerry St Juste mencetak gol bunuh diri pada menit ke-82.

VfB Stuttgart gagal mempertahankan keunggulan dua golnya saat menjamu Frankfurt, dan harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Stuttgart memimpin terlebih dahulu melalui penalti Nicolas Gonzalez pada menit ke-17, sebelum Gonzalo Castro menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-37.

Namun Frankfurt berhasil bangkit pada babak kedua. Andre Silva mencetak gol pada menit ke-61, sebelum gol David Abraham pada menit ke-75 mengamankan satu poin untuk dibawa ulang timnya.

VfB Stuttgart dan Eintracht Frankfurt memperpanjang rentetan hasil imbangnya pada putaran ketujuh. Stuttgart yang sempat unggul dua gol pada babak pertama, dipaksa bermain imbang 2-2 oleh tamunya tersebut.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

__Posted on
8 November 2020
__Categories
Liga Jerman