Timnas futsal Indonesia terhenti di perempat final di Piala Asia 2022

Jakarta (ANTARA) – Langkah tim nasional futsal Indonesia terhenti di babak perempat final Piala Asia 2022 setelah ditaklukkan Jepang dengan skor 2-3 di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Selasa.

Meski tak beranjak dari fase delapan besar, Indonesia tetap mencatatkan sejarah sebab itu menjadi kali pertama skuad futsal “Garuda” berada di perempat final Piala Asia.

Indonesia sejatinya tampil bagus pada pertandingan kontra Jepang. Anak-anak asuh pelatih Mohammad Hashemzadeh bahkan unggul terlebih dahulu pada awal babak kedua melalui kaki “pivot” Samuel Eko (21′).

Tertinggal satu gol, Jepang meningkatkan intensitas serangan dan melesakkan dua gol 10 menit kemudian via Sora Kanzawa dan Soma Mizutani.

Baca juga: Pelatih: Futsal Indonesia berada di posisi sulit undian Piala Asia

Indonesia berusaha menyamakan kedudukan, tetapi Jepang menjauhkan jarak menjadi 3-1 setelah kiper Higor Peres (39′) memasukkan bola ke gawang Indonesia.

Higor memaksimalkan kelengahan Indonesia dalam menerapkan strategi “power play”.

Tujuh detik menjelang laga usai, Indonesia memperkecil skor menjadi 2-3 berkat sumbangan Dewa Rizki Amanda.

Baca juga: Timnas futsal Jepang perketat pertahanan saat hadapi Indonesia

Indonesia sempat pula melesakkan gol di ujung laga, untuk membuat laga sama kuat 3-3, tetapi wasit menyatakannya tidak sah lantaran bel akhir pertandingan sudah berbunyi sebelum bola masuk ke gawang.

Bagi Jepang, kemenangan 3-2 atas Indonesia semakin membuka lebar peluang mereka untuk merebut kembali trofi juara Piala Asia, mengulangi prestasi pada tahun 2006, 2012 dan 2014.

Baca juga: Evan Soumilena belajar kendalikan emosi dari pivot andalan Thailand

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber