Tim J2 League Ventforet Kofu lolos ke final Piala Kaisar Jepang

Jakarta (ANTARA) – Ventforet Kofu yang merupakan tim Meiji Yasuda J2 League lolos ke final Piala Kaisar Jepang 2022 setelah membuat kejutan dengan mengalahkan tim J1 League, Kashima Antlers, 1-0 pada semifinal berkat gol tunggal Junma Miyazaki, Rabu.

Kegemilangan tim yang pernah diperkuat pemain Indonesia Irfan Bachdim ini tak lepas dari tangan dingin pelatih Tatsuma Yoshida yang menangani Ventforet Kofu sejak awal musim.

Yoshida menangani Kofu setelah mundur dari posisi pelatih timnas Singapura akhir 2021 usai kalah dalam semifinal Piala AFF 2020 dari Indonesia dengan agregat gol 3-5.

Lolos ke final Piala Kaisar Jepang berdasarkan data daru J.League merupakan yang pertama bagi Ventforet Kofu. Pencapaian terbaik mereka sebelumnya adalah perempat final 2006, 2013, 2018, dan 2019.

Selain itu, kelolosan Ventforet Kofu ke final Piala Kaisar Jepang 2022 adalah kali pertama lolos ke final kompetisi besar. Mereka belum pernah melangkah melebihi perempat final J.League YBC Levain Cup.

Sebelum mengalahkan Kashima Antlers, Ventforet Kofu mengalahkan Universitas Internasional Pasifik pada putaran kedua (5-1), menang 2-1 atas Hokkaido Consadole Sapporo di putaran ketiga, mengalahkan Sagan Tosu 3-1 di 16 besar, dan menang 2-1 atas Avispa Fukuoka di perempat final sebelum masuk ke semifinal.

Baca juga: Rapor pemain Liga Utama Jepang di Timnas Jepang pada FIFA Matchday

Pada laga final Ventforet Kofu bakal berhadapan dengan Sanfrecce Hiroshima yang menang 2-1 melalui babak tambahan atas Kyoto Sanga di semifinal lewat gol penalti Douglas Vieira dan gol Nassim Ben Khalifa.

Sanfrecce Hiroshima pada laga sebelumnya menang 2-0 dari wakil Prefektur Miyazaki, Honda Lock, pada putaran kedua, menang 5-0 lawan Yokohama FC pada putaran ketiga, mengalahkan Thespakusatsu Gunma 1-0 dalam 16 besar, dan menyingkirkan Cerezo Osaka (2-1) dalam perempat final sebelum masuk semifinal.

Ini kali keenam Sanfrecce Hiroshima lolos ke final, meski dalam lima kesempatan sebelumnya selalu kalah dalam partai puncak. Terakhir, Sanfrecce Hiroshima kalah 0-2 dari Yokohama F. Marinos pada musim 2013. Sebelumnya, mereka juga kalah dalam final 1995, 1996, 1999, dan 2007.

Sesuai jadwal, laga final Piala KaisarJepang 2022 akan diselenggarakan di Nissan Stadium di Kota Yokohama, Prefektur Kanagawa, Minggu, 16 Oktober pukul 12. 00 WIB.

Pemenang turnamen ini akan mendapat tiket langsung ke babak grup Liga Champions Asia 2023-2024. Artinya, jika Ventforet Kofu juara, mereka menjadi satu-satunya tim dari divisi kedua yang bermain dalam Liga Champions musim depan.

Baca juga: Pemain J3 League bawa Jepang tersubur di kualifikasi Piala Asia U-20

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber