Tiga penalti dan gol bunuh diri buat Real Madrid takluk di Valencia

Jakarta (ANTARA) – Tiga tendangan penalti dan satu gol bunuh diri membuat Real Madrid takluk 1-4 dari tuan rumah Valencia dalam laga pekan kesembilan Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Minggu waktu setempat (Senin WIB).Padahal, Los Blancos lebih dulu memimpin berkat tembakan keras Karim Benzema yang bisa menaklukkan kiper Jaume Domenech pada menit ke-23, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Tim besutan Zinedine Zidane juga tampil mendominasi dengan 64 persen penguasaan bola dan melepaskan tak kurang 16 percobaan tembakan sepanjang laga, tetapi statistik itu tak terjemahkan di skor akhir pertandingan.

Baca juga: Sociedad amankan kembali puncak klasemen dengan bungkam Granada

Pada menit ke-29, Valencia memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Lucas Vazquez menghalangi bola umpan silang Jose Gaya dengan tangannya.

Eksekusi penalti Carlos Soler awalnya bisa ditepis kiper Thibaut Courtois, Soler menyambar bola muntah tetapi tembakannya membentur mistar gawang dan kemudian Yunus Musah menyambar bola muntah berikatnya untuk mencetak gol.

Namun, gol itu dianulir karena Musah terlalu cepat memasuki kotak penalti sebelum Soler menendang bola, sehingga eksekusi diulangi dan kali ini tembakannya tak mampu dihentikan oleh Courtois untuk membuka keunggulan Valencia pada menit ke-33.

Dua menit jelang turun minum, Raphael Varane mencetak gol bunuh diri ketika berusaha memotong umpan tarik Maxi Gomez. Varane sebetulnya berhasil menendang bola dari dalam gawang, tetapi VAR dan wasit Jesus Gil Manzano memutuskan bola sudah melewati garis gawang sebelum disapu oleh Varane, serta membuat Valencia berbalik memimpin.

Valencia memasuki babak kedua dengan lebih percaya diri, tetapi tembakan Lee Kang-in ditepis oleh Courtois sebelum membentur tiang gawang.

Namun, pada menit ke-51 Marcelo menekel keras Gomez sehingga wasit kembali menunjuk titik putih. Kali ini Soler lebih tenang dan memperbesar keunggulan Valencia 3-1.

Baca juga: Valladolid akhirnya petik kemenangan perdana musim ini

Real Madrid berusaha membalas tetapi tembakan Federico Valverde dan Marco Asensio bisa diamankan oleh kiper Jaume Domenech.

Lantas VAR dan wasit kembali menghadiahi tendangan penalti untuk Valencia pada menit ke-62, setelah tiga menit meninjau insiden Sergio Ramos dianggap menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Soler dengan dingin melesakkan bola lagi dari titik putih untuk melengkapi raihan trigolnya dalam laga tersebut sekaligus membawa Valencia menjauh 4-1.

Kerja keras Real Madrid tak kunjung membuahkan hasil dan mereka harus rela pulang dengan tangan hampa dan tertahan di peringkat keempat klasemen dengan 16 poin, sedangkan Valencia (11) menanjak ke peringkat kesembilan.

Liga Spanyol sekira dua pekan untuk jeda internasional, sebelum Valencia melawat ke markas Alaves dan Real Madrid menyambangi kandang Villarreal.

Baca juga: Villarreal sementara puncaki klasemen selepas menang di Getafe
Baca juga: Joao Felix pimpin Atletico remukkan Cadiz 4-0

Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Hugo Guillamon, Jose Gaya; Yunus Musah (Jason), Carlos Soler, Uros Racic, Denis Cheryshev (Toni Lato); Lee Kang-in (Kevin Gameiro), Maxi Gomez (Ruben Sobrino)
Pelatih: Javi Gracia

Real Madrid (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Federico Valverde (Toni Kroos), Luka Modric; Marco Asensio (Rodrygo Goes), Isco (Luka Jovic), Vinicius Junior (Martin Odegaard); Karim Benzema (Mariano Diaz)
Pelatih: Zinedine Zidane

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

__Posted on
9 November 2020
__Categories
Liga Spanyol