Tiga Klub Tolak Kelanjutan Liga 1 2020, PSSI Siap Buka Diskusi

JAKARTA – Tiga klub menolak kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang akan kembali bergulir karena berisiko di masa pandemi virus corona. Ketiga klub tersebut yakni Persebaya Surabaya, Barito Putera dan Persik Kediri.

Mereka menolak setelah Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) mengeluarkan surat keputusan yang akan melanjutkan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 pada Oktober mendatang. Surat Keputusan Bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020 dirilis pada Minggu 28 Juni 2020.

Baca juga: Persebaya Tidak Setuju Liga 1 2020 Dilanjutkan

Foto/PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan kelanjutan Liga 1 diambil melalui berbagai pertimbangan, salah satunya persiapan Tim Nasional (Timnas) U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Ia menilai para pemain bisa mengasah kemampuannya karena klub yang mereka bela berlaga di Liga 1.

Selain itu, Iriawan merasa sepakbola nasional punya pengalaman buruk ketika diberi sanksi oleh FIFA pada 2015. Akibatnya, kompetisi terhenti dan membuat kualitas Timnas Sepakbola menurun.

Iwan Bule—panggilan Mochamad Iriwan—menegaskan, nantinya setiap laga kompetisi sepakbola akan mengikuti protokol kesehatan. Saat ini, PSSI masih terus mengkaji, apakah setiap pertandingan akan digelar tanpa penonton atau membatasi penonton masuk stadion.

Terkait penolakan Persebaya, Barito dan Persik, Iriawan menghormati keputusan ketiga klub tersebut. Ia berjanji akan mengedepankan jalur diskusi untuk membahas kelanjutan Liga 1 bersama Persebaya, Persik dan Barito.

Loading…

Sumber