Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Bukan Jumlah Medali, tapi Peringkat

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 bukanlah jumlah medali, melainkan peringkat. Maksudnya kini para atlet yang berkiprah di Olimpiade tidak ditargetkan harus meraih berapa medali.

Seperti yang diketahui, selama ini kontingen Indonesia selalu ditargetkan harus meraih berapa medali disetiap Olimpaide. Namun, setelah dibicarakan lebih lanjut, kini para atlet pada akhirnya tidak ditargetkan jumlah medalinya, melainkan peringkat akhir pesta olahraga tersebut.

Menpora Zainudin Amali mengatakan peringkat seharusnya menjadi hal yang jauh lebih penting ketimbang target medali yang ingin dicapai. Walau memang peringkat di klasemen Olimpiade itu tentu berdasarkan jumlah medali yang ingin diraih.

Baca Juga: Menpora Pastikan PON XX Papua Digelar Sesuai Jadwal

Logo Olimpiade

Semakin banyak medali yang diraih, maka makin bagusnya juga posisi yang bisa dicapai. Namun, tentunya jika menargetkan peringkat, maka tujuannya kini sudah bukan masing-masing cabang olahraga (cabor) saja.

Dengan adanya target peringkat Olimpiade itu, maka semua cabor akan bekerja sama meraih medali sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan posisi yang baik di klasemen. Menpora Zainudin ingin membentuk grand desain target mereka jauh lebih baik dari edisi Olimpiade sebelumnya.

“Target kami (di Olimpiade Tokyo 2020) adalah langsung peringkat. Jadi, kami takkan menyebut berapa medali emas, perak, atau perunggu. Sehingga saat diskusi, lebih gampang dimonitor. Jadi, dalam grand desain target kita tentu jauh harus lebih baik dari edisi terakhir,” kata Menpora Zainudin, saat hadiri jumpa pers online, Kamis (8/7/2021).

Sumber

__Posted on
8 July 2021
__Categories
All Sport