Tanpa Marquez, Honda Cetak Rekor Terburuk di MotoGP sejak 10 Tahun Terakhir

GELARAN MotoGP 2020 sepertinya akan menjadi mimpi buruk bagi Honda. Kehilangan sosok Marc Marquez ternyata memberi dampak besar bagi Honda yang sangat mengandalkan keahlian sang The Baby Alien –julukan Marquez.

Tanpa Marquez, Honda belum meraih podium mereka di lima seri balapan perdana pada musim ini. Mulai dari MotoGP Spanyol, Andalusia, Republik Ceko, Austria, dan Styria 2020, Honda gagal mendapatkan posisi di tiga terbaik.

Alex Marquez

Bukan hanya, tim pabrikan yakni Repsol Honda, tim satelit mereka yaitu LCR Honda juga gagal tampil mentereng. Repsol Honda yang mengandalkan Alex Marquez pun tak bisa berbicara. Sang debutan itu seakan tak mampu mengimbangi performa sang kakak dengan RC213V.

Sementara itu sang pengganti, Marquez yakni Stefan Bradl juga gagal tampil apik. Sedangkan LCR Honda yang diperkuat Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow tampil kurang mengesankan. Praktis hanya Nakagami yang sering tampil di papan teratas, namun belum mampu meraih podium.

Baca juga Marquez Berharap Dovizioso Masih Jadi Rivalnya di MotoGP 2021

Hasil tanpa podium di lima seri perdana musim ini ternyata memberi rekor buruk bagi Honda. Sebab, untuk pertama kalinya sejak 2010, Honda gagal meraih podium di lima seri perdana MotoGP. Sebuah prestasi yang sulit dipercaya.

Padahal dalam satu dekade terakhir ini, Honda begitu perkasa di ajang MotoGP. Bahkan jika kita melirik pada tiga musim terakhir, Honda berhasil keluar sebagai yang terbaik diantara pabrikan dan tim-tim lain.

Sumber