Shin Tae-yong, Pelatih Asal Korea Selatan yang Ubah Mental Timnas Indonesia U-19

CAKOVEC – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menunjuk Shin Tae-yong untuk menangani Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada akhir tahun lalu. Shin Tae-yong diberi tugas tak hanya membesut Timnas senior Indonesia, namun juga U-19.

Berhubung Timnas senior Indonesia tidak memiliki agenda tahun ini, fokus Shin Tae-yong saat ini sepenuhnya difokuskan ke level U-19. PSSI pun mendukung penuh keinginan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong perlahan perbaiki performa Timnas Indonesia)

Sejak akhir Agustus 2020, Shin Tae-yong diizinkan PSSI membawa 27 pemain menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Selama di Kroasia, Mochamad Supriadi dan kawan-kawan tidak hanya menggelar latihan, namun juga mengikuti laga uji coba.

Di dua laga awal uji coba, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan hasil buruk. Timnas Indonesia U-19 tumbang 0-3 dari Bulgaria serta dihajar Kroasia 1-7. Namun, hasil buruk di atas tidak diambil pusing Shin Tae-yong maupun Mochamad Iriawan.

Sejak awal, tujuan Timnas Indonesia U-19 menggelar laga uji coba adalah demi meraup pengalaman, bukan kemenangan. Meski begitu, dari hari ke hari Shin Tae-yong paham Timnas Indonesia U-19 mengalami perkembangan.

Tak hanya pola permainan yang berkembang, namun juga kepercayaan diri. Hal itu terlihat saat Timnas Indonesia U-19 menjalani dua laga uji coba terkini di Kroasia, yakni kontra Arab Saudi dan Qatar.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-19 Menang Perdana di Kroasia, Ketum PSSI Gembira

Di kedua laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 selalu tertinggal, namun hasil manis digapai Irfan Jauhari dan kawan-kawan. Ketika menghadapi Arab Saudi, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 0-3. Namun, lewat perjuangan keras, Timnas Indonesia U-19 sanggup menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Sumber

__Posted on
18 September 2020
__Categories
Sepakbola