Sebastian Vettel pamitan dari Formula 1

Jakarta (ANTARA) – Juara dunia empat kali Sebastian Vettel menambah satu poin terakhir dalam koleksinya ketika menyudahi Grand Prix Abu Dhabi yang menjadi pemungkas kariernya dalam Formula 1 pada Minggu.

Setelah lolos Q3 kualifikasi, Vettel finis sepuluh besar di Yas Marina setelah Lewis Hamilton mengalami masalah dengan mobilnya dan gagal merampungkan balapan.

Dengan hasil itu, pebalap berusia 35 tahun asal Jerman itu pamitan dari F1 dengan mengumpulkan 3.098 poin, 57 pole position, 53 kemenangan dan empat gelar juara dunia.

Pada sesi wawancara dengan juara dunia Jenson Button di lintasan setelah lomba, Vettel mengatakan,”Saya harap bisa mendapat poin lebih banyak, tapi saya menikmati balapan ini.”

“Saya rasa kami tidak menjalankan strategi terbaik, jadi ini disayangkan, karena mungkin kami bisa membalikkan keadaan di klasemen konstruktor, tapi secara umum ini adalah hari yang besar.”

“Terima kasih yang tiada tara atas dukungan semuanya, banyak sekali bendera, wajah yang tersenyum, yang sangat-sangat spesial. Saya yakin saya akan merindukan ini dari yang saya rasakan sekarang ini,” sambung dia.

Baca juga: Hamilton jaga asa setelah lalui musim tanpa kemenangan

Ketika dimintai untuk menyampaikan pesan-pesan terakhirnya sebelum pensiun, Vettel, yang sering menyuarakan sejumlah isu sosial mulai dari kesetaraan hingga perubahan iklim, berharap rekan-rekan pebalap dan semua pihak yang terlibat di grid F1 untuk meneruskan kerja baik mereka selama ini.

“Dua tahun terakhir mungkin sedikit mengecewakan dari sudut pandang olahraga, tapi sangat lah berguna dan penting bagi saya dalam hidup saya. Banyak hal terjadi, banyak hal yang saya sadari,” kata dia.

“Saya rasa berada pada posisi kita sekarang ini adalah keistimewaan yang sangat besar, dan dengan itu ada tanggung jawab, jadi saya berharap untuk mewariskan sedikit dari itu untuk para pebalap lainnya, agar meneruskan kerja baik mereka selama ini.”

“Sangat senang melihat kita memiliki kekuatan untuk menginspirasi dengan apa yang kita lakukan dan apa yang kita katakan,” kata dia.

“Saya rasa ada hal-hal yang lebih besar dan lebih penting dari balapan dalam hidup ini, tapi tentunya ini adalah apa yang kita cintai dan melalui itu, apabila kita bisa mentransfer beberapa nilai yang sangat penting itu, ini sesuatu yang besar. Jadi saya memikirkan itu, dua tahun terakhir ini benar-benar luar biasa bagi saya.”

Sebelum menjalani balapan terakhirnya, Vettel disambut dengan seremoni kecil oleh rekan-rekan pebalap yang berbaris di grid untuk memberikan penghormatan dan perpisahan.

Keluarga Vettel, termasuk sang ayah dan tiga anaknya, yang biasanya menghindari tampil di paddock F1, bahkan hadir untuk melihat penampilan terakhirnya.

Baca juga: Logan Sargeant siap tempati bangku Williams pada 2023

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber