Schumacher orang paling berpengaruh di Formula 1 menurut voting

Jakarta (ANTARA) – Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh di Formula 1 setelah meraih suara terbanyak dari voting para fan.

Hasil voting tersebut diungkapkan oleh Formula 1 di laman resminya, Rabu, bertepatan dengan perayaan 70 tahun olahraga balap mobil yang memulai grand prix pertamanya di Silverstone, Inggris, pada 1950 itu.

Pebalap yang mengecap masa keemasan bersama Ferrari itu belum lagi tampil di publik setelah dirinya mengalami cedera kepala karena kecelakaan ski pada 2013.

Sang pebalap legendaris asal Jerman itu masih memegang rekor juara dunia terbanyak setelah menjuarai musim 1994 dan 1995 bersama Benetton, kemudian 2000-2004 bersama Ferrari.

Pebalap yang akrab dipanggil Schumi itu juga memiliki jumlah kemenangan terbanyak, yaitu 91 kali. Lewis Hamilton yang saat ini membalap untuk Mercedes memiliki peluang untuk memecahkan kedua rekor Schumacher itu.

Di babak awal voting, Schumacher menyingkirkan juara dunia lainnya seperti Niki Lauda, Ayrton Senna dan Juan Manuel Fangio serta pendiri Ferrari, Enzo Ferrari.

Kemudian Schumacher mendapat suara terbanyak setelah supremo Bernie Ecclestone dengan mengantongi 61 persen suara di voting final.

Terdapat 32 nama dalam daftar voting itu yang dibagi menjadi empat kategori; pebalap, kepala tim, inovator teknis, dan game changer atau agen pembawa perubahan.

F1 menyatakan jika ribuan fan ikut ambil bagian dalam voting tersebut namun tidak mengungkapkannya secara detail.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020