Rossi Tuntut Pihak Penyelenggara MotoGP Lebih Tegas

TAVULLIA – Sejumlah kecelakaan hebat terjadi dalam Kejuaraan Dunia balap motor grand prix yang dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, selama dua pekan terakhir. Hal ini kemudian membuat Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, buka suara.

Sejumlah pihak menilai bahwa banyaknya kecelakaan yang terjadi di Sirkuit Red Bull Ring lantaran lintasan yang digunakan tersebut tidak aman. Utamanya adalah saat memasuki tikungan pertama dan ketiga.

Menurut Rossi, Sirkuit Red Bull Ring sebenarnya sudah menjadi lebih aman. Apalagi, pihak pengelola telah membuat batas trek yang sangat jelas dengan menempatkan area hijau, rumput, dan kerikil di sepanjang lintasan.

Baca juga: Dekat dengan Kampung Halaman, Rossi Sambut Antusias Balapan di Misano

Valentino Rossi

Kendati demikian, yang menurut Rossi membuat kondisi menjadi tidak aman, karena masih banyak pembalap yang kerap melanggar peraturan. Mereka sengaja melakukan late braking untuk mempertahankan kecepatan, hingga akhirnya sepeda motor mereka menyentuh batas trek, yakni area hijau.

Berdasarkan peraturan yang ada, seharusnya pembalap tidak diperbolehkan menyentuh area hijau tersebut. Akan tetapi, pihak penyelanggara motor grand prix sering kurang memperhatikan hal ini.

Maka dari itu, Rossi pun menuntut agar pihak penyelenggara bisa lebih tegas dalam menjalankan peraturan. Dalam artian, Rossi ingin agar siapa pun pembalap yang menyentuh area hijau nantinya harus didiskualifikasi atau dihukum.

Sumber