Rossi Beberkan Penyebab Tertinggal Jauh dari Vinales

JEREZ – Selisih 0,8 detik tercipta antara Valentino Rossi dengan rekan setimnya, Maverick Vinales, pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2020, Sabtu 18 Juli malam WIB. The Doctor berkilah, selisih cukup besar itu tercipta akibat dirinya tidak mendapat perasaan bagus dengan keseimbangan motor YZR M-1.

Pada kualifikasi, Valentino Rossi hanya mencatatkan waktu satu putaran tercepat 1 menit 37,741 detik. Ia harus puas mengakhiri sesi kualifikasi sekaligus memulai balapan dari posisi 11. Sementara Maverick Vinales membukukan waktu tercepat 1 menit 36,844 detik.

Anjloknya performa Valentino Rossi tersebut sudah terlihat sejak sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2). Pada dua sesi latihan bebas itu, Vale tidak bisa menajamkan waktunya ke 1 menit 37 detik dan hanya berkutat pada 1 menit 38.

Baca juga: Absen di MotoGP Spanyol 2020, Rins Berjanji Pulih Secepatnya

Valentino Rossi melaju di Sirkuit Jerez (Foto: Twitter/@yamahamotogp)

Catatan waktunya sempat membaik pada FP3, atau sesi latihan pagi sebelum kualifikasi. Ia mencetak waktu tercepat 1 menit 37,130 detik. Akan tetapi, saat kualifikasi, catatan waktunya kembali buruk dan harus puas mengawali lomba dari urutan 11.

Valentino Rossi mengklaim tidak mendapat perasaan bagus dengan keseimbangan motor. Hal itu menyebabkan selisih waktunya dengan Maverick Vinales sangat jauh, yaitu 0,8 detik. Selain itu, pria asal Italia tersebut menduga rekan setimnya lebih baik dalam pengereman.

“Kemarin (Jumat 17 Juli 2020), ada perbedaan besar karena saya tidak mendapat perasaan baik dengan keseimbangan motor. Sejujurnya, jika melihat data, kami tidak jauh berbeda. Biasanya, Maverick sangat cepat saat mengerem. Sepertinya dia mampu menghentikan motor lebih baik dibandingkan saya. Ini adalah isu utama,” ucap Valentino Rossi, seperti dimuat Motorsport, Minggu (19/7/2020).

Sumber