Rodrigo resmi jadi pemain termahal Leeds United

Jakarta (ANTARA) – Leeds United resmi menjadikan penyerang Spanyol Rodrigo sebagai pemain termahal mereka saat memboyongnya dengan nilai transfer sebesar 29 juta euro (sekitar Rp526 miliar) dari Valencia, menurut laporan BBC pada Sabtu.pPenyerang berusia 29 tahun itu telah menandatangani kontrak empat tahun dengan tim asuhan pelatih Marcelo Bielsa, yang kembali ke Liga Premier Inggris setelah absen selama 16 tahun.

Rodrigo mencetak 59 gol dalam 220 pertandingan untuk Valencia, membantu klub La Liga tersebut memenangkan Copa del Rey pada musim 2018-2019.

Rekor transfer Leeds sebelumnya dipegang mantan kapten timnas Inggris sekaligus Manchester United Rio Ferdinand, yang mencapai 18 juta poundsterling dari West Ham pada 2000.

Baca juga: Valencia sepakat lepas Rodrigo ke Leeds United
Baca juga: Leeds perkuat lini belakang songsong musim promosi

Rodrigo sebelumnya pernah bermain di Inggris bersama Bolton Wanderers pada 2010-2011 dan awalnya bergabung dengan Valencia dengan status pinjaman dari klub Portugal Benfica pada 2014.

“Setelah enam musim, inilah waktunya jalur kita berpisah. Ini merupakan keputusan yang sangat sulit, tetapi saya yakin inilah saatnya untuk mengambil tantangan baru,” kata Rodrigo dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram-nya.

“Klub Spanyol tersebut juga mengonfirmasi kesepakatan tersebut pada Selasa di media sosial mereka: “Valencia ingin berterima kasih kepada Rodrigo Moreno atas komitmen dan kerja kerasnya selama enam musim terakhir.”

“Kami mendoakan yang terbaik untuknya di tahap baru kariernya bersama Leeds United.”

Pemain kelahiran Brasil tersebut melakukan debutnya bersama timnas Spanyol pada 2014 dan telah mencetak delapan gol dalam 22 penampilan.

Leeds memenangkan kompetisi Championship musim lalu dan otomatis promosi ke Liga Premier Inggris untuk pertama kalinya sejak 2004.

Baca juga: Dua juara bertemu pada pekan pembuka Liga Premier 2020/2021
Baca juga: Leeds pinjam Jack Harrison dan beli Joe Gelhardt

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber