Rionny Mainaky resmi urusi pembinaan prestasi bulu tangkis nasional

Kami berharap dapat mendapatkan informasi hal-hal apa yang dapat menjadi pelajaran yang bisa dipraktikkan di sini.

Jakarta (ANTARA) – Pelatih tungga putri Rionny Mainaky kini mengemban tugas baru sebagai Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2020-2024 di bawah kepemimpinan Ketua Umum Agung Firman Sampurna.

Rionny resmi menggantikan Susy Susanti yang sebelum mengisi posisi ini pada era kepemimpinan Wiranto.

Pada konferensi pers pengumuman susunan kepengurusan baru di Jakarta, Rabu, Agung mengatakan Rionny Mainaky dipilih karena  pengalamannya yang tak diragukan sebagai pelatih, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kami mencari profil pelatih yang mempunyai pengalaman melatih internasional dan mempunyai visi yang sejalan dengan kami. Dan Rionny Mainaky punya pengalaman 23 tahun melatih di Jepang,” kata Agung.

Rionny sudah malang melintang sebagai pelatih dan sempat melatih klub hingga tim nasional Jepang.

Kakak Rexy Mainaky itu sukses membangun bulu tangkis di Negeri Sakura dengan  mengangkat prestasi ganda putra Jepang sejak 2010.

Dia juga berhasil mengantarkan ganda putra Takeshi Kamura/Keigo Sonoda menduduki peringkat ketiga dunia dan pasangan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe peringkat lima dunia.

Baca juga: PBSI rangkul Kapolda hingga Kabareskrim jadi pengurus baru 2020-2024

Rionny juga berpengalaman menangani ganda putri, campuran, tunggal putra dan tunggal putri di berbagai klub Jepang.

Ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi bahkan sukses merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di bawah kepelatihan Rionny.

“Kami berharap dapat mendapatkan informasi hal-hal apa yang dapat menjadi pelajaran yang bisa dipraktikkan di sini. Apalagi PBSI punya target besar yaitu merebut kembali supremasi bulu tangkis Indonesia di dunia,” kata pria yang menjabat Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu.

Mengenai nasib pelatih tunggal putri apakah masih akan dipegang Rionny, Agung mengaku akan terlebih dahulu melakukan evaluasi sebelum menentukan susunan pelatih baru.

“Kami akan dengarkan bagaimana rencana pengembangannya. Yang sekarang profilnya sudah kita dapatkan. Tapi soal detail bagaimana susunan pelatih kan informasi pelatihnya perlu kita dapatkan dulu termasuk target-target mana yang akan kita kembangkan dan strateginya seperti apa,” kata dia.

Rionny membawahi sub bidang pelatnas yang diketuai Eddy Prayitno, sub bidang pengembangan daerah yang dipimpin Ricky Soebagdja, dan sub bidang pengembangan sport science yang dijabat Iwan Hermawan.

Baca juga: Ini jajaran baru pengurus PBSI

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

__Posted on
25 December 2020
__Categories
Bulutangkis