Ringkasan Liga Jerman: Union tekuk Dortmund, Bayern remukkan Freiburg

Jakarta (ANTARA) – Perjalanan bak dongeng Union Berlin ke puncak klasemen Bundesliga berlanjut setelah kesalahan penjaga gawang Borussia Dortmund Gregor Kobel membawa mereka menang 2-0 atas tim asuhan Edin Terzic itu Minggu waktu setempat.

Dua gol babak pertama yang dikemas Janik Haberer membawa Union memperpanjang rekor lima pekan mereka di puncak klasemen dan unggul empat poin dari Bayern Muenchen yang naik ke posisi kedua setelah menggasak tamunya Freiburg dengan 5-0.

“Kami tampil sangat konsisten. Kadang kami menghadapi kendala, tapi hari ini tidaklah kebetulan kami bisa menang,” kata Haberer usai pertandingan seperti dikutip AFP.

Tim tamu mengawali laga dengan mimpi buruk setelah Kobel memberi Union unggul lebih dulu.

Saat berusaha menerima backpass dari Raphael Guerreiro, Kobel tergelincir di rumput di area penaltinya sendiri yang memungkinkan Haberer memasukkan bola ke gawang yang kosong.

“Kami beruntung dia tergelincir, tetapi ketika Anda berada di puncak, saat itulah Anda mendapatkan keberuntungan,” kata bek Union Timo Baumgartl.

Tak lama kemudian Haberer menggandakan kedudukan dengan meluncurkan bola ke sudut bawah gawang setelah pemain-pemain Union menerobos lini belakang Dortmund.

Terzic memasukkan tiga penyerang pada babak pertama untuk memaksa serangan balik, tetapi Union yang malah terus menciptakan peluang yang lebih baik.

Sementara itu dalam pertandingan lain, Bayern kembali ke jalur kemenangan setelah melompati Freiburg ke urutan kedua dengan hanya lewat kemenangan kedua mereka dalam tujuh pertandingan terakhir.

“Dari detik pertama sampai terakhir kami menunjukkan siapa yang memimpin,” kata striker Bayern Eric-Maxim Choupo-Moting setelah timnya mencatat emenangan di Muenchen.

Freiburg mengawali laga dengan baik tetapi Bayern justru yang segera mengambil kendali permainan ketika Serge Gnabry menjebol gawang mereka pada menit ke-13.

Choupo-Moting menggandakan keunggulan ketika laga tepat memasuki waktu setengah jam berkat assist kedua Leroy Sane dalam laga ini. Sane sendiri mencetak gol setelah turun minum.

Dua menit kemudian Bayern mengubuh harapan Freiburg untuk bangkit ketika Sadio Mane menaklukkan kiper Mark Flekken untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Setelah itu giliran Mane yang membuat assist dengan tendangan tumit yang apik untuk memberi umpan kepada Marcel Sabitzer yang mencetak gol kelima Bayern dalam menit terakhir.

Dalam pertandingan Minggu lainnya yang lebih awal, mantan striker Dortmund Steffen Tigges mencetak dua gol untuk membawa Cologne menang 3-2 atas Augsburg.

Augsburg memimpin lebih dulu setelah Florian Niederlechner mengecoh kiper Marvin Schwaebe menyusul sebuah umpan panjang yang masuk kotak penalti Cologne.

Tigges menyamakan kedudukan dengan tendangan sentuhan pertama yang cemelarnga epat setelah turun minum. Tigges kemudian membuat assist untuk gol kedua Cologne yang dibukukan Denis Huseinbasic dan membuat tuan rumah berbalik unggul.

Augsburg tak mau menyerah untuk menyamakan kedudukan 2-2 berkat gol Daniel Caligiuri beberapa menit kemudian.

Namun Tigges tetap menjadi duri untuk tim tamu ketika dia menjadi penentu kemenangan tuan rumah lewat golnya yang tercipta pada sembilan menit sebelum laga usai.

Baca juga: Alphonso Davies dilarikan ke rumah sakit karena gegar otak
Baca juga: Duel sengit Dortmund versus Muenchen berakhir 2-2
Baca juga: Buntut ricuh Nice vs Cologne, polisi Jerman gerebek sejumlah rumah

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber