Quartararo tercepat di FP3 Grand Prix Spanyol

Jakarta (ANTARA) – Fabio Quartararo memimpin catatan waktu sesi latihan bebas ketiga (FP3) jelang kualifikasi Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Sabtu.Pebalap tim Petronas Yamaha itu mencetak waktu tercepat 1:36.806 di depan Jack Miller dari tim Pramac Racing yang terpaut 0,052 di peringkat kedua, demikian laman resmi MotoGP.

Joan Mir membawa Suzuki ke peringkat tiga teratas, berjarak 0,102 detik dari pemuncak sesi, mengungguli juara dunia Marc Marquez dari tim Repsol Honda yang harus puas di P4.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) masing-masing finis P5 dan P6, 0,2 detik dari catatan Quartararo.

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi membawa dua Yamaha berikutnya di P7 dan P8, mengungguli dua motor Ducati dari Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Andrea Dovizioso (Ducati) yang melengkapi peringkat 10 besar sekaligus mengamankan slot langsung lolos ke Q2.

Baca juga: Morbidelli puncaki FP2 GP Spanyol
Baca juga: Marquez, Vinales, Crutchlow bersaing ketat di FP1 Grand Prix Spanyol

Dari 22 pebalap, hanya Iker Lecuona (KTM Tech 3) yang gagal memperbaiki catatan waktu kedua sesi latihan sebelumnya.

Sementara itu Alex Rins dibuat frustasi setelah terhalang oleh Marquez ketika berusaha memperbaiki catatan waktunya.

Sang pebalap tim Suzuki Ecstar itu pun terlempar dari peringkat 10 besar dan akan harus melewati Q1 bersama pebalap lainnya, seperti Pol Espargaro (KTM Factory Racing), dan Danilo Petrucci (Ducati) di babak kualifikasi nanti.

Sepuluh pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2, sedangkan sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1.

Baca juga: “Semuanya sudah pasti”, kata Rossi soal masa depannya di MotoGP
Baca juga: ITDC fokus percepat konstruksi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

Kemudian hanya dua pebalap tercepat di Q1 yang bakal lolos ke Q2.

Hasil FP3 Grand Prix Spanyol

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber