Quartararo awali seri pembuka MotoGP di Spanyol dari pole position

Jakarta (ANTARA) – Fabio Quartararo akan mengawali seri pembuka MotoGP musim ini di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, dari pole position setelah menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi, Sabtu.Pebalap tim Petronas Yamaha itu mencatatkan waktu 1:36,705, mengalahkan catatan pebalap tim pabrikan Yamaha Maverick Vinales dengan marjin 0,139 detik yang finis P2 untuk Grand Prix Spanyol Minggu nanti.

Jerez juga menjadi saksi pole position pertama yang diraih pebalap muda asal Prancis di musim rookie-nya tahun lalu, namun sayang Quartararo gagal finis di GP Spanyol tahun itu setelah mengalami masalah teknis di motornya.

Baca juga: Quartararo tercepat di FP3 Grand Prix Spanyol
Baca juga: Morbidelli puncaki FP2 GP Spanyol
Baca juga: Marquez, Vinales, Crutchlow bersaing ketat di FP1 Grand Prix Spanyol

Juara dunia Marc Marquez mengamankan posisi start baris depan untuk tim Repsol Honda setelah finis 0,157 detik dari pemuncak sesi untuk P3, demikian laman resmi MotoGP.

Di baris kedua, Francesco Bagnaia menjadi pebalap Ducati tercepat dan akan start di depan rekan satu timnya di Pramac Racing Jack Miller. Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow melengkapi baris kedua di P6.

Pol Espargaro, calon rekan Marc Marquez di Repsol Honda tahun depan, lolos dari Q1 dan membuktikan motor KTM cukup kompetitif untuk posisi start ke-7 di depan runner-up tahun lalu Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Bintang tim Suzuki Ecstar Alex Rins mampu melewati Q1 dan mencoba bertarung untuk pole position, namun catatan waktunya hanya mampu membawanya finis di P9.

Suzuki boleh jadi mengkhawatirkan kondisi Rins setelah sempat terjatuh di Q2. Pebalap asal Spanyol itu dibawa ke pusat medis untuk pemeriksaan.

Baca juga: “Semuanya sudah pasti”, kata Rossi soal masa depannya di MotoGP
Baca juga: Marquez ungguli Rins, Rossi di sesi pertama tes MotoGP di Jerez
Baca juga: Vinales dan Quartararo ungguli Marquez di tes resmi MotoGP di Jerez

Miller dan Dovizioso, yang baru pulih dari cedera tulang selangka, juga terjatuh di babak kualifikasi hari itu

Tiga posisi terakhir yang diperebutkan di Q2 ditempati oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Rookie Alex Marquez (Repsol Honda) akan mengawali balapan MotoGP pertamanya dari P21 di depan debutan lainnya, Iker Lecuona dari tim KTM Tech 3.

Berikut hasil kualifikasi Grand Prix Spanyol

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber