Punya Pengalaman Hadapi Maradona, Ini Pesan Banur untuk Timnas Indonesia U-19

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang disibukkan dengan padatnya jadwal pemusatan latihan (TC). Setelah pada September dan Oktober menjalani TC di Kroasia, kini skuad Garuda Muda melakoni pemusatan latihan di Jakarta sejak Jumat 13 November 2020.

Semua ini sengaja dilakukan agar para pemain benar-benar siap dari segala aspek untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Di saat yang sama, Pelatih Shin Tae-Yong juga masih terus melakukan evaluasi untuk mencari formula terbaik bagi skuadnya.

Di ajang Piala Dunia U-20 2021 Timnas Indonesia tentunya akan menghadapi lawan-lawan tangguh dan deretan pemain kenamaan dunia. Sebut saja winger Barcelona, Francisco Trincao, serta bomber muda Inter Milan, Sebastiano Esposito, yang kemungkinan bakal ikut ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Baca juga: Maradona Ungkap Keresahan saat Wawancara Terakhir: Apakah Orang-Orang Masih Mencintaiku?

Timnas Indonesia U-19

Dengan demikian, maka tentunya bukan hanya persiapan secara fisik dan taktik saja yang dibutuhkan, namun juga mental. Garuda Muda dituntut untuk tidak gentar agar bisa menampilkan performa terbaiknya di atas lapangan.

Bicara soal lawan-lawan tangguh, Timnas Indonesia sejatinya pernah bertanding melawan Argentina yang diperkuat oleh Diego Maradona. Hal ini terjadi dalam gelaran Piala Dunia U-20 1979 di Tokyo, Jepang.

Pada saat itu, Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Argentina, Yugoslavia, dan Polandia. Adapun salah satu pemain yang berkesempatan melawan Maradona secara langsung ketika itu adalah Bambang Nurdiansyah atau yang akrab disapa Banur.

Sumber