PSSI: timnas U-16 harus berani bersaing di grup “neraka”

Dengan tampil di Piala Asia saja, itu sebuah penempaan yang bagus untuk pemain kita
Jakarta (ANTARA) – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, tim nasional U-16 harus berani bersaing di Grup D Piala Asia U-16 2020, yang dianggap grup “neraka” karena dihuni Jepang, China dan Arab Saudi, negara-negara pengoleksi gelar juara turnamen.“Jangan takut melawan Jepang, China dan Arab Saudi. Kita harus optimistis,” ujar Indra di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis.

Menurut pria asal Sumatera Barat itu, jika berlaga dengan maksimal, para pemain timnas U-16 dapat memetik banyak pelajaran dari laga-laga di Piala Asia U-16 2020.

Ketika berada di lapangan, anak-anak asuh pelatih Bima Sakti tidak perlu memikirkan soal menang atau kalah.

Baca juga: PSSI hati-hati rancang pemusatan latihan tim nasional

“Dengan tampil di Piala Asia saja, itu sebuah penempaan yang bagus untuk pemain kita. Saya sudah berkomunikasi dengan pelatih Bima Sakti dan dia akan menyiapkan pemain sebaik mungkin,” tutur Indra.

Tim nasional U-16 Indonesia berada satu grup dengan Jepang, China dan Arab Saudi di Grup D Piala Asia U-16 AFC tahun 2020 yang berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020.

Hasil tersebut didapatkan dari pengundian yang dilakukan AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (18/6).

Baca juga: AFC: pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 dilakukan 18 Juni

Grup tersebut bisa dikatakan berat karena Jepang, China dan Arab Saudi sudah lebih dari satu kali menjadi tim terbaik di Piala Asia U-16.

Jepang merupakan negara dengan gelar juara Piala Asia U-16 terbanyak yaitu tiga kali pada tahun 1994, 2006 dan 2018.

Adapun China dan Arab Saudi masing-masing sudah dua kali menjadi kampiun di kejuaraan tersebut.

Sementara catatan terbaik Indonesia di Piala Asia U-16 adalah menduduki peringkat keempat pada tahun 2000. Pada tahun 2018, Indonesia menjadi perempat finalis.

Baca juga: Indonesia satu grup dengan Jepang-China dalam Piala Asia U-16

Di grup lain Piala Asia U-16 2020, negara anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) lainnya, Australia, berada di Grup C bersama Korea Selatan, India dan Uzbekistan.

Lalu di Grup A ada Bahrain, Korea Utara, Iran dan Qatar. Grup B beranggotakan Tajikistan, Oman, Yaman dan Uni Emirat Arab.

Empat negara yang berhasil melaju ke semifinal turnamen akan mengikuti Piala Dunia U-17 tahun 2021 yang diadakan di Peru.

Baca juga: Timnas U-16 latihan daring saat pandemi COVID-19

Baca juga: Bima: tiga pemain baru timnas U-16 sesuai kebutuhan

<

p class=”text-muted small mt10″>Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020
Sumber