PSSI: Baggott-Sandy belum pasti ke Piala AFF meski Shin temui klub

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, dua pemain yang berkarier di luar negeri Elkan Baggott dan Sandy Walsh belum pasti berkompetisi di Piala AFF 2022 meski pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menemui klub mereka.

“Sampai sekarang belum ada kepastian,” kata Yunus di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin.

Menurut pria yang pernah menjabat anggota Komite Eksekutif PSSI itu, selain kunjungan langsung Shin Tae-yong, pihaknya juga sudah mengirimkan surat soal Piala AFF 2022 tetapi belum mendapatkan tanggapan.

Shin datang langsung ke markas klub Elkan Baggott, Gillingham FC, Inggris, untuk melobi manajemen tim tersebut agar mempersilakan bek tengah bertinggi badan 1,94 meter itu tampil di Piala AFF 2022.

Kemudian, juru taktik asal Korea Selatan tersebut juga singgah ke Belgia dan menemui pihak klub Sandy Walsh, KV Mechelen, untuk alasan yang sama.

Agenda tersebut dilakukan Shin di sela pemusatan latihan (TC) timnas U-20 Indonesia di Spanyol.

Baca juga: PSSI: Pemain liga luar negeri belum pasti bertanding di semua laga AFF
Baca juga: Shin panggil 28 pemain TC persiapan Piala AFF 2022 di Bali

Di Piala AFF 2022, yang bergulir pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023, timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad berjuluk “Garuda”.

Sebagai persiapan menuju Piala AFF 2022, timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan (TC) di Bali mulai Senin (28/11).

Ada 28 pemain yang dipanggil untuk kegiatan tersebut dengan delapan di antaranya merumput di liga luar negeri yakni Sandy Walsh (klub KV Mechelen, Belgia), Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim, Malaysia), Elkan Baggott (Gillingham FC, Inggris), Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), Egy Maulana Vikri (FV Vion Zlate Moravce, Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia) dan Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia).

Baca juga: Sandy Walsh ingin capai target di timnas secara bertahap
Baca juga: PSSI: Timnas diizinkan bermarkas di SUGBK saat Piala AFF 2022

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber