Piala Dunia U-20 2021 Batal, Pemain Keturunan Masih Minat Gabung Timnas Indonesia U-19?

KETUA umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, sempat mengatakan banyak pemain keturunan (pemain berdarah Indonesia-asing) tertarik membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Dalam pengakuan Iwan Bule –sapaan akrab Mochamad Iriawan, pemain keturunan ingin membela Timnas Indonesia U-19 karena tertarik mentas di Piala Dunia U-20 2021.

“Banyak sekali pemain yang ingin bergabung dengan Indonesia untuk tampil di Piala Dunia (U-20). Di luar banyak sekali, pemain-pemain keturunan. Tapi, tetap saya akan melihat kalian (pemain lokal). Mungkin sudah ada yang masuk, Jack Brown dan Elkan Baggott. Tapi, paspor mereka Indonesia,” kata Iriawan saat mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, Okezone mengutip dari YouTube Mochamad Iriawan Official, medio bulan lalu.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott, salah satu pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19)

“Pemain luar yang ingin masuk banyak sekali. Tapi, saya tetap memprioritaskan Anda. Oleh sebab itu, saya meminta kalian latihan yang maksimal,” lanjut mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah para pemain keturunan masih tertarik gabung Timnas Indonesia U-19 seiring dibatalkannya Piala Dunia U-20 2021? Sekadar informasi, FIFA membuat keputusan mengejutkan pada Kamis 24 Desember 2020 malam WIB.

Melalui laman resminya, FIFA mengumumkan membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 akibat pandemi virus corona. Untung bagi Indonesia, status tuan rumah mereka tidak hangus.

BACA JUGA: 3 Pemain Timnas Indonesia U-19 Ini Masih Bisa Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Indonesia tetap dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 selanjutnya yang digelar pada 2023. Karena itu, sejumlah pemain keturunan yang sempat tertarik membela Timnas Indonesia U-19 karena secara usia masih mencukupi, takkan bisa lagi mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Sumber

__Posted on
26 December 2020
__Categories
Sepakbola