Perenang Australia juara dunia gaya bebas 100m putri

Jakarta (ANTARA) – Perenang Australia Mollie O’Callaghan meraih medali emas gaya bebas 100 meter putri dalam kejuaraan dunia renang Kamis setelah berhasil memacu kecepatan luar biasa beberapa meter menjelang finis.

O’Callaghan masih urutan ketiga saat berada pada jarak 50 meter tetapi dia membalikkan keadaan untuk memimpin dalam beberapa meter terakhir guna mengalahkan favorit dan pemegang rekor dunia Sarah Sjoestroem dari Swedia yang harus puas dengan medali perak, sedangkan perenang Amerika Torri Huske menempati urutan ketiga.

Perenang Australia itu mencatat waktu 52,67 detik untuk merebut emas atau unggul 0,13 detik di depan Sjoestroem, sementara Huske hanya tertinggal seperempat detik.

“Saya sangat bersemangat, saya sungguh tidak tahu harus berkata apa. Saya tidak mengharapkan hal itu sama sekali. Saya membalap dengan beberapa perenang luar biasa di sini,” kata O’Callaghan setelah memenangkan emas perseorangan pertamanya dalam kejuaraan dunia.

O’Callaghan mencatat waktu tercepat dalam semifinal untuk memastikan tempat di jalur empat dan dia tidak terpengaruh dengan keberadaan Sjoestroem dan Huske yang juga juara dunia gaya kupu-kupu 100m.

Kompetisi menjadi juara terbuka lebar tatkala juara bertahan dan dua kali peraih medali emas Olimpiade Simone Manuel tidak ikut bertanding, sementara rekan senegara O’Callaghan, Shayna Jack, mengundurkan diri dari kejuaraan setelah tangannya patah selama sesi latihan, demikian Reuters.

Baca juga: Perenang Amerika Serikat pingsan di kolam Kejuaraan Dunia Budapest
Baca juga: Milak pecahkan rekor gaya kupu-kupu, AS raih dua emas

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber