Pembalap Spanyol Dominasi MotoGP, Ini Tanggapan Joan Mir

ANDORRA – Joan Mir memberikan tanggapan soal begitunya banyaknya pembalap berkebangsaan Spanyol yang tampil di kelas MotoGP dalam beberapa musim terakhir. Mir pun merasa hal tersebut wajar, mengingat Spanyol adalah negara paling serius mengembangkan pembalap muda mereka.

Sebagiamana diketahui, MotoGP memang banyak dihiasi oleh pembalap berkebangsaan Spanyol dalam 10 tahun terakhir. Bahkan di MotoGP musim 2020, terhitung terdapat 9 pembalap asal Spanyol yang tampil.

Dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP sendiri belakangan memang muncul keraguan dari penggemarnya. Bahkan tidak sedikit yang menuding bahwa Dorna selaku promotor MotoGP telah melakukan nepotisme.

Infografis Joan Mir

Terlebih kita semua tahu bahwa Dorna sendiri memang berasal dari Spanyol, dan memiliki kantor pusat di Madrid. Meski sejumlah pembelaan juga hadir dari beberapa pihak terkait dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP.

Baca Juga: Mir Tak Sabar Bertarung dengan Marquez di MotoGP 2021

Pasalnya dari sebagian banyak pembalap Spanyol yang tampil di MotoGP, tiga diantaranya mampu menyabet gelar juara dunia. Ketiga pembalap tersebut adalah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan teranyar Mir.

Mir pun memberikan tanggapan mengenai kritikan banyak pihak terhadap dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP. Ya, Mir mengaku tidak mau mengambil pusing terhadap komentar-komentar miring mengenai dominasi pembalap Spanyol, lantaran ia sadar bahwa negaranya telah berkerja keras untuk menciptakan bibit-bibit unggul.

Sumber

__Posted on
27 November 2020
__Categories
All Sport