Pelatih MLB Wanita Pertama Debut di Lapangan

Pelatih San Fransisco Giants Alyssa Nakken membuat debut di lapangannya saat menjadi firstbase coach dalam laga eksebisi antara San Francisco Giants melawan Oakland Athletics Selasa (21/7).

Pada pertandingan eksebisi sebelum dimulainya musim tersebut, Giants memenangkan pertandingan dengan skor 6-2. Pertandingan tanpa penonton tersebut dimainkan di kandang Athletics yaitu Oakland Coliseum. Pada pertandingan tersebut, Left-Fielder Giants Austin Slater menjadi bintang dengan membukukan tiga hit dari empat at-bat dan mencetak lima angka untuk Giants.

Pada pertandingan tersebut, Nakken mengemban tugas sebagai firstbase coach setelah sebelumnya juga berperan di posisi yang sama selama summer camp Giants. Nakken juga dilaporkan belajar untuk memberikan instruksi kepada pelari juga menganalisa posisi pemain lawan bersama Antoan Richardson yang sebelumnya merupakan firstbase coach utama untuk Giants.

Nakken bergabung dengan Giants pada 2014 silam sebagai bagian dari tim direktur teknik yang bertugas menentukan pemain untuk draft dan pengembangan talenta pemain. Pada Januari 2020, Nakken ditarik oleh Manajer Giants Gabe Kapler untuk masuk ke dalam staf kepelatihannya. Nakken bertugas menjaga kebugaran dan kesehatan pemain.

Dilansir dari NBC Sports, Kapler mengatakan Nakken merupakan pelatih yang efektif. Kehadiran Nakken juga membawa aura positif dalam staf kepelatihannya dan pemainnya.

“Sekarang dirinya (Nakken) sudah tertanam dalam budaya kami (Giants) dan tertanam sebagai bagian dari staf kepelatihan, Ia membuat para pemain dan pelatih lain menjadi lebih baik. Itulah yang saya lihat saat ia di dalam lapangan,” ujar Kapler.

Ucapan selamat pun turut diberikan oleh para pemain. Outfielder Giants Hunter Pence dalam cuitannya mengucapkan selamat kepada Nakken yang telah mencetak sejarah baru. Selain itu, mantan outfielder Baltimore Orioles Adam Jones juga mengekspresikan kekagumannya melihat Nakken di lapangan.

Nakken merupakan mantan pemain Softball untuk Negara Bagian Sacramento dari 2009 hingga 2012. Dirinya merupakan lulusan University of San Francisco dengan gelar master di bidang Manajemen Olahraga. Nakken juga merupakan kepala bidang informasi pada tim baseball almamaternya sebelum bekerja untuk Giants.