My First Week Notes of MLB

Seminggu sudah Major League Baseball (MLB), musim kompetisi baseball terbaik di dunia bergulir. Dengan masih adanya potensi pandemi virus corona, pertandingan demi pertandingan telah berhasil menghasilkan beberapa momen terbaik paling tidak dalam minggun pertama ini.

Pada klasemen divisi American League sementara, Houston Astros sementara memimpin dengan rekor menang 5 kali dan hanya menelan sekali kekalahan. Sebagai tim yang banyak dibenci akibat kasus pencurian sinyal di tahun 2017 dan sebagian 2018, Astros seolah ingin membuktikan kepada khalayak bahwa mereka berhak atas gelar juara pada 2017 tersebut. Pada awal musim 2021, tim besutan Manager Dusty Baker ini berhasil membuat 4 kemenangan beruntun atas Oakland Athletics. Bagaimana perjalanan Astros selanjutnya? Tentunya akan kita tunggu dalam beberapa pekan kedepan.

Pada divisi National League , saat ini klasemen dikuasai oleh Cincinnati Reds dan Phildelphia Phillies dengan rekor sama yaitu 5 menang dan 1 kali kalah. Juara bertahan Los Angeles Dodgers mengintai 2 tim teratas tersebut dengan 5 kemenangan dan 2 kali kekalahan. New York Mets, San Diego Padres, dan Atlanta Braves yang digadang menjadi ancaman serius Dodgers sepertinya masih menjalani penyesuaian awal kompetisi. Bahkan Braves sempat menderita 4 kali kekalahan beruntun sebelum berhasil bangkit dan meraih kemenangan beruntun dalam 2 pertandingan terakhir. Kiprah para pitcher yang berpindah klub pun mulai tampak dalam seminggu ini. Trevor Bauer, Blake Snell, dan Yu Darvish mulai menunjukkan keahlian mereka dalam menyulitkan para pemukul terbaik didunia.

Pada tulisan sebelumnya, profil Yermin Mercedes sempat ditampilkan atas prestasi yang diraihnya pada beberapa pertandingan pembuka musim kompetisi ini. Seminggu berlalu dan sejauh ini ia cukup mempertahankan catatan yang diraihnya dengan 13 kali hit dari 23 at bat, termasuk 6 RBI dan 1 homerun yang dia lakukan. Dengan apa yang dicapai dirinya, Mercedes berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu pemukul yang mendapat perhatian lebih dari para lawannya saat ini. Dengan terbukanya data statistik yang didukung dengan teknologi informasi, kita akan lihat kiprah pemain asal Republik Dominika ini kedepan.

Selain Mercedes, ada satu lagi pemain muda yang mencuri perhatian pada kompetisi MLB tahun ini. Dia adalah Akil Baddoo yang bermain untuk tim Detroit Tigers. Berposisi outfield, pemain berusia 22 tahun ini berhasil mencatat sejarah sebagai pemain pertama di era modern yang dalam 3 pertandingan awal membuat grand slam, homerun dan walk-off hit.

Kita tunggu berbagai momen-momen terbaik MLB pada pekan-pekan mendatang sambil terus berdoa, semoga pandemi telah terkendali dan kompetisi baseball terbaik dunia ini menghasilkan pertandingan-pertandingan bermutu dan layak untuk dikenang.

-G76