MLB Belum Izinkan Penonton ke Stadion, Tetapi Jumlah Penonton Muda Naik Musim Ini

Major League Baseball (MLB) belum dapat mengizinkan penonton untuk datang menonton langsung ke lapangan. Meskipun demikian ESPN mencatat kenaikan jumlah penonton pada pertandingan dan program baseball yang mereka tayangkan.

Ken Rosenthal dari The Athletic melaporkan bahwa MLB belum dapat mengizinkan penonton untuk masuk ke dalam stadion karena tidak mendapat izin dari pemerintahan setempat. Selain itu, hal tersebut juga diperjelas oleh Komisioner MLB Rob Manfred kepada pemilik-pemilik tim lewat panggilan telepon.

Rosenthal juga melaporkan bahwa ada dua tim yang ingin penonton diizinkan menyaksikan langsung pertandingan dari stadion. Tim tersebut adalah Colorado Rockies dan San Fransisco Giants. Kedua tim tersebut mengajukan opsi dibolehkannya penonton masuk secara terbatas.

Meskipun demikian, penonton ESPN dilaporkan mengalami peningkatan pada demografi usia 18-34 sebesar 69% dari musim lalu. Peningkatan demografi ini merupakan angin segar bagi MLB yang kesulitan mendapatkan penonton dari demografi usia 18-49 tahun. Kenaikan tersebut membuat MLB mendapatkan peningkatan 57% dari demografi tersebut.

ESPN juga melaporkan peningkatan penonton dari komunitas warga hispanik dan kulit hitam. Penonton dari latar belakang hispanik mengalami kenaikan sebesar 77% sementara dari latar belakang kulit hitam naik sedikti sebesar 2%. Secara keseluruhan tayangan baseball ESPN mengalami rata-rata peningkatan sebesar 29% dibanding rata-rata musim 2019.

Forbes mengatakan kenaikan tersebut berasal dari kehausan warga Amerika Serikat untuk menonton tayangan olahraga selama pandemi virus corona. Penonton muda juga dikatakan lebih tertarik menonton musim ini karena jumlah pertandingan yang lebih sedikit.

Meskipun demikian, tim-tim MLB melaporkan kehilangan pendapatan cukup signifikan karena masih tidak diperbolehkannya penonton di stadion. Kehilangan tersebut berasal dari penjualan tiket, parkir, dan konsumsi selama pertandingan. Sampai saat ini belum ada tanggal pasti kapan diperbolehkannya penonton di stadion.