Marquez, Vinales, Crutchlow bersaing ketat di FP1 Grand Prix Spanyol

Jakarta (ANTARA) – Marc Marquez memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Jumat, bersaing ketat dengan Maverick Vinales dan Cal Crutchlow yang berjarak kurang dari 0,1 detik.Pebalap tim Repsol Honda itu menjadi pebalap tercepat hari itu dengan waktu terbaik satu menit 37,350 detik, sementara Vinales dari tim Monster Energy Yamaha menempel ketat dengan motor Yamaha M1 berjarak 0,024 detik di peringkat dua.

Crutchlow (LCR Honda) menegaskan kecepatan Honda sekali lagi di peringkat tiga, 0,088 detik dari pemuncak sesi, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: “Semuanya sudah pasti”, kata Rossi soal masa depannya di MotoGP

Andrea Dovizioso, yang telah dinyatakan fit pasca operasi tulang selangka, telah kembali menemukan kecepatannya di atas Ducati GP20 di peringkat empat, 0,121 detik dari catatan waktu Marquez.

Sedangkan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar memanaskan persaingan di FP1 di P5, mengungguli rekan satu timnya, Alex Rins yang finis P7 setelah Jack Miller dari tim Pramac.

Pol Espargaro, calon rekan Marquez di Honda tahun depan, memimpin rombongan pebalap KTM yang melengkapi peringkat 10 besar bersama Iker Lecuona dan Brad Binder.

Baca juga: Vinales dan Quartararo ungguli Marquez di tes resmi MotoGP di Jerez

Catatan waktu 19 dari 22 pebalap berjarak kurang dari satu detik yang mengindikasikan betapa kompetitifnya balap motor MotoGP tahun ini.

Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo melewatkan 20 menit pertama sesi pembuka tersebut sebagai hukuman karena kedapatan melanggar regulasi latihan dengan menggunakan motor produksi yang dimodifikasi.

Quartararo finis P17 setelah Alex Marquez, yang menjalani debutnya di tim MotoGP bersama tim Repsol Honda.

Baca juga: Marquez ungguli Rins, Rossi di sesi pertama tes MotoGP di Jerez

Hasil FP1 Grand Prix Spanyol

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber