Marquez Masih Perhitungkan Vinales dalam Perebutan Gelar Juara MotoGP 2020

CERVERA – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, enggan menyingkirkan nama Maverick Vinales dari perebutan gelar juara MotoGP 2020. Sebab, pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu dinilai masih punya kans besar untuk merebut gelar juara.

Vinales memang sempat difavoritkan menjadi kampiun musim ini lantaran berhasil menunjukkan performa apik di awal musim. Ia naik podium kedua di dua seri awal MotoGP 2020 sehingga berhasil mengekor Fabio Quartararo yang memuncaki klasemen sementara.

Maverick Vinales

Sayangnya, performa Vinales mengalami penurunan dalam beberapa balapan terakhir ini. Di MotoGP Republik Ceko 2020 yang menjadi seri ketiga musim ini, ia hanya finis di urutan ke-14.

BACA JUGA: Dovizioso Berpisah dengan Ducati, Marquez Terkejut

Kemudian, dalam dua balapan yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Vinales juga tercecer ke posisi bawah. Dalam balapan pertama di sirkuit tersebut yang bertajuk MotoGP Austria 2020, pembalap berjuluk Top Gun itu hanya finis di urutan ke-10.

Sementara itu, dalam balapan berikutnya yang bertajuk MotoGP Styria 2020, hasil minor juga harus diraihnya. Tampil di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 23 Agustus 2020 malam WIB, Vinales gagal menyelesaikan balapan karena mengalami masalah pada kendaraannya.

Akibat hasil ini, posisi Vinales pun langsung melorot di klasemen sementara. Kini, rekan setim Valentino Rossi itu hanya bertengger di urutan kelima dengan koleksi poin yang tak berubah, yakni 48 angka.

Meski begitu, Marquez enggan menyingkirkan nama Vinales dalam perebutan gelar juara MotoGP 2020. Sebab, jika penampilan apik dapat ditunjukkan dalam sejumlah seri balapan musim ini, ia dinilai masih bisa meningkatkan posisinya di klasemen.

“Mereka (Quartararo dan Dovizioso) favorit juara. Tapi, kita tidak boleh melupakan Vinales selama dia tidak kehilangan terlalu banyak balapan,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari GP One, Senin (24/8/2020).

(Ram)

Sumber