Manajer Giants Berlutut Dan Suarakan Anti Rasisme

Manajer San Francisco Giants Gabe Kapler mengatakan dirinya berencana menggunakan posisinya sebagai manajer di tim MLB untuk menyuarakan ketidakadilan rasial setelah dirinya ikut berlutut pada pertandingan eksebisi melawan Oakland Athletics saat lagu kebangsaan Amerika Serikat dimainkan Selasa (21/7).

Kapler membicarakan keinginannya untuk menyuarakan isu-isu rasial kepada anggota timnya pada Senin (20/7) saat pertemuan sehari sebelum pertandingan. Kapler mengatakan semua anggota tim Giants mendukung apa yang ia ingin lakukan.

Kapler mengatakan dirinya memberi tahu anggota timnya bahwa dirinya tidak puas dengan kekerasan yang dilakukan polisi di Amerika Serikat, sehingga dirinya akan menggunakan posisinya sebagai manajer tim MLB, yang menjadi sorotan publik, untuk menyuarakan isu-isu rasial dan ketidakadilan kepada kelompok minoritas di Amerika Serikat.

“Saya mau mereka (anggota tim Giants) untuk tahu bahwa saya kecewa dengan cara negara menangani kekerasan yang dilakukan polisi dan saya katakan kepada mereka saya ingin menyuarakan suara mereka dan suara komunitas orang kulit hitam, dan suara komunitas orang-orang termarjinalkan lain,” ujar Kapler dilansir dari ABC 7.

“Saya bilang kepada mereka saya ingin menggunakan platform yang saya punya untuk mendemonstrasikan kekecewaan saya terhadap penanganan rasisme di negara kita. Saya ingin mendemonstrasikan kekecewaan saya terhadap rasisme yang sistematis dan jelas di negara kita dan saya ingin mereka tahu agar mereka membuat keputusan sendiri dan kami akan hormati dan dukung keputusan mereka, saya ingin mereka aman dalam bersuara.”

Gabe Kapler

Kapler mengatakan dirinya telah berkomunikasi dengan para pemain dan stafnya selama berhari-hari sebelum pertandingan eksebisi melawan Athletics berlangsung. Dirinya juga mengatakan para pemainnya juga berkomunikasi dengan pemain-pemain tim lain mengenai sikapnya tersebut. Kapler juga mengatakan dirinya akan terus melakukan diskusi mengenai isu-isu rasisme dengan anak asuhannya.

Hal yang sama juga disuarakan oleh Manajer Los Angeles Angels Joe Maddon saat Angels menghadapi San Diego Padres pada pertandingan eksebisi yang dimenangkan Angels 1-0. Pada pertandingan tersebut, Pitcher Angels Keynan Middleton berlutut saat lagu kebangsaan dimainkan.

“Saya sangat bangga dirinya membela apa yang ia percaya malam ini,” ujar Maddon. Maddon juga memuji aksi anak asuhnya karena Middleton merupakan satu-satunya pemain yang berlutut saat lagu kebangsaan dimainkan. “Tidak mudah melakukan hal itu, anak muda seperti dirinya, menjadi satu-satunya yang melakukan hal tersebut (berlutut),” tambah Maddon.