Liverpool Pastikan Van Dijk Jalani Operasi Ligamen Lutut

LIVERPOOL – Kabar buruk bagi pendukung Liverpool. Pemain belakang andalan tim kesayangan mereka, Virgil van Dijk, harus menepi untuk waktu lama. Pesepakbola berkebangsaan Belanda itu akan menjalani operasi bedah untuk memperbaiki ligamen di lutut kanannya yang rusak.

Sebagaimana diketahui, cedera tersebut didapat Virgil van Dijk pada laga kontra Everton, Sabtu 17 Oktober 2020 malam WIB. Ligamen lutut bek berusia 29 tahun itu rusak usai dihajar oleh Jordan Pickford pada menit lima. Anehnya, kiper berpaspor Inggris itu tidak dihukum kartu merah oleh wasit Michael Oliver.

Manajer Jurgen Klopp lantas mengganti Virgil van Dijk pada menit 11 dengan Joe Gomez. Menurut diagnosa awal, eks andalan Southampton itu mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Liverpool lantas membenarkan terjadinya kerusakan ligamen pada lutut van Dijk dan perlu operasi.

Baca juga: Cedera ACL, Virgil Van Dijk Absen 7-8 Bulan

Virgil van Dijk akan menepi lama

“Liverpool dapat mengonfirmasi Van Dijk akan menjalani operasi bedah untuk mengatasi cedera lutut yang didapat saat laga melawan Everton,” bunyi pernyataan Liverpool, disitat dari situs resmi klub, Senin (19/10/2020).

“Ligamen lututnya rusak pada insiden yang melibatkan kiper Jordan Pickford pada menit kelima pertandingan. Menurut pemeriksaan lebih lanjut, operasi dibutuhkan untuk menyembuhkan cedera,” imbuh pernyataan resmi tersebut.

Dalam pernyataannya, Liverpool tidak menyebutkan berapa lama Virgil van Dijk harus absen. Namun, cedera ligamen lutut dapat memakan waktu pemulihan minimal enam bulan. Klub hanya memastikan sang pemain akan mengikuti program rehabilitasi agar bisa fit secepat mungkin.

Sumber

__Posted on
19 October 2020
__Categories
Liga Inggris, Sepakbola