LIB siap dengan dua opsi mulainya lagi liga

Jakarta (ANTARA) – PT Liga Indonesia Baru (LIB) siap dengan dua opsi jadwal mulainya lagi Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 pada September atau Oktober 2020.”Sebagai operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, kami siap melanjutkan bergulirnya dua kompetisi tersebut. Opsi pertama, kompetisi kami gulirkan pada September dan opsi kedua pada Oktober 2020,” kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita dalam keterangan resminya, Jumat.

Menurut Akhmad, LIB siap menjalankan kompetisi kapan pun PSSI memutuskan mulainya lagi liga.

Baca juga: PSSI resmi putuskan Liga 1 dan 2 musim 2020 dilanjutkan

“Patut diketahui, beberapa persiapan sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan untuk proses berikutnya,” kata dia.

PSSI resmi memutuskan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 yang ditunda sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19 mulai kembali September atau Oktober 2020.

Keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar virtual Rabu 17 Juni. Namun, PSSI belum menentukan soal-soal teknis seperti detail jadwal, regulasi dan lain-lain yang akan dibicarakan dengan LIB.

Baca juga: Persib lanjutkan Liga 1 demi timnas

“Untuk pembagian grup atau sentralisasi, penentuan venue pertandingan dan hal-hal teknis lainnya, akan kami umumkan kemudian,” kata Akhmad.

Jika dilanjutkan, PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa untuk membendung penyebaran COVID-19, tetapi soal stadion belum ditetapkan.

Liga 1 musim 2020 akan dilanjutkan dengan format semusim penuh, sedangkan Liga 2 memakai format “home tournament”.

Baca juga: Ketua umum KONI Pusat dukung PSSI gelar kembali liga

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber