LeBron James Dorong Masyarakat Kulit Hitam Untuk Memilih

Atlet bintang Los Angeles Lakers LeBron James mendorong masyarakat kulit hitam untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum Amerika Serikat.

James lewat kampanye More Than a Vote yang digagas oleh atlet-atlet kulit hitam Amerika Serikat seperti bintang NFL Odell Beckham Jr. dan Patrick Mahomes mengatakan masyarakat kulit hitam telah lama dibohongi bahwa mereka tidak bisa membuat perubahan lewat memilih pada pemilu. James mengatakan kampanyenya tersebut bukan hanya sekedar menyuruh masyarakat kulit hitam untuk memilih.

More Than a Vote bukan hanya sekedar menyuruh orang-orang di masyarakat untuk pergi dan memilih, tapi memberikan mereka pengetahuan, kemampuan, dan mekanisme agar mereka tahu mereka dapat memberikan perubahan,” ujarnya saat wawancara bersama VICE.

Dirinya juga mengatakan bahwa saat umur 18 tahun, dia tidak ikut memilih karena narasi bahwa masyarakat kulit hitam tidak akan membuat perubahan dengan memilih. Ia juga mengatakan dengan memilih orang yang tepat untuk memimpin Amerika Serikat, maka perubahan akan terlihat.

James memang merupakan sosok yang vokal. Pada pertandingan playoff pertama antara Lakers melawan Portland Trail Blazers, James menggunakan topi yang berisi pesan untuk mengadili polisi yang membunuh Breonna Taylor, seorang paramedis yang ditembak di rumahnya oleh polisi.

Selain itu, pada wawancara yang sama dengan VICE, James menyatakan dukungannya terhadap pasangan Joe Biden dan Kamala Harris dari Partai Democrat yang akan maju melawan pasangan petahana. Pada 2016, James juga ikut mendukung Hillary Clinton dari Partai Democrat di Ohio, negara bagian mantan timnya Cleveland Cavaliers.

James mengatakan Amerika sedang membutuhkan perubahan, dan menurutnya perubahan dimulai dari ‘atas’, atau dari presiden yang menjabat.

“Untuk melakukan perubahan, ini persoalan pemimpin, dan pemimpin dimuali dari atas,” ujar James.

LeBron James dan timnya LA Lakers akan menghadapi Trail Blazers besok (23/8) pada pertandingan lanjutan playoff NBA. Lakers dan Trail Blazers sama-sama mengantongi satu kemenangan dan berharap untuk mengambil pertandingan berikutnya.