Jadi Juara Dunia, Joan Mir Masih Bimbang Pakai Nomor 1

ANDORRA – Sebagai juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir tentu berhak menggunakan motor bernomor 1 pada Kejuaraan Dunia 2021. Hingga kini, pembalap andalan Tim Suzuki Ecstar itu belum tahu apakah akan menggunakan hak istimewa tersebut atau tidak.

Memakai nomor 1 jelas akan meningkatkan prestise seorang pembalap di hadapan rival-rivalnya. Tidak semua orang berhak menggunakan nomor tersebut. Sayangnya, ada semacam kutukan yang mengiringi pembalap pengguna nomor 1 itu.

Siapa pun pembalap yang memilih menggunakan nomor 1, hampir pasti tidak akan menjadi juara dunia pada musim berikutnya. Sepanjang satu dekade terakhir, hanya ada dua kesempatan di mana sang juara dunia menggunakan nomor 1.

Baca juga: Juarai MotoGP 2020, Mir Tak Butuh Pengakuan Marc Marquez

Joan Mir memamerkan motornya (Foto: MotoGP)

Pembalap pertama adalah Jorge Lorenzo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2011. Sayangnya, gelar juara dunia yang direbut pada 2010, gagal dipertahankan. Sosok kedua adalah Casey Stoner pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2012.

Lagi, pembalap asal Australia itu gagal mempertahankan gelar juara, bahkan memutuskan pensiun di akhir musim. Karena itu, Joan Mir belum tahu apakah dirinya berani menggunakan nomor 1 pada musim depan atau tidak.

“Nomor 1 jelas terlalu menggoda, bahkan buat saya. Pilihan ada di tangan saya, tetapi saya belum tahu akan berbuat apa,” papar Joan Mir, dikutip dari Corse di Moto, Sabtu (19/12/2020).

Infografis Joan Mir

Sumber

__Posted on
19 December 2020
__Categories
All Sport