Insiden Yunani membuat Maguire dilucuti dari timnas Inggris

Jakarta (ANTARA) – Kapten Manchester United Harry Maguire ditarik dari skuad Inggris untuk Liga Negara setelah pengadilan Yunani memutuskannya bersalah atas berbagai tuduhan menyusul perkelahian di Pulau Mykonos pekan lalu.Pengadilan Yunani memutuskan Maguire bersalah atas pelecehan, percobaan suap, kekerasan terhadap pegawai pemerintah dan penghinaan setelah ditangkap di Mykonos Kamis pekan lalu.

Pemain berusia 27 tahun itu dijatuhi hukuman percobaan penjara 21 bulan dan 10 hari oleh pengadilan Yunani.

Baca juga: Maguire dinyatakan bersalah pada kasus penyerangan kepada polisi

Kapten Manchester United Maguire awalnya masuk skuad terbaru Southgate pada Selasa saat persidangan berlangsung.

“Mengingat perkembangan malam ini, saya bisa mengonfirmasi bahwa saya telah menarik Harry Maguire dari skuad Inggris untuk pertandingan melawan Islandia dan Denmark,” kata Southgate seperti dikutip Reuters.

“Seperti sudah saya katakan sebelumnya hari ini, saya berhak meninjau situasi ini. Setelah berbicara dengan Manchester United dan sang pemain, saya telah mengambil keputusan ini demi kepentingan terbaik semua pihak dan dengan pertimbangan dampaknya terhadap persiapan kami untuk pekan depan.”

Maguire mengaku tidak bersalah dan dibebaskan setelah menghabiskan dua malam di tahanan polisi setelah ditangkap. Dia diwakili oleh pengacaranya di pengadilan pada sidang Selasa.

Baca juga: Kapten MU Maguire diadili atas dugaan penyerangan pada polisi

Setelah putusan Selasa, Maguire mengatakan dia sudah memerintahkan tim hukumnya untuk segera mengajukan banding.

Dalam konferensi pers sebelumnya Selasa, Southgate mengatakan Maguire memang menyesal dan meminta maaf.

Inggris memutuskan untuk tidak memanggil pengganti Maguire saat mereka bersiap dijajal Islandia pada 5 September di Reykjavik sebelum dijamu Denmark di Kopenhagen pada 8 September.

Kapten Harry Kane dimasukkan skuad meskipun tengah dalam karantina setelah dari Bahama.

Baca juga: Harry Maguire kecewa berat Manchester United gagal menang

Striker Manchester United Mason Greenwood, Phil Foden dari Manchester City dan Kalvin Phillips dari Leeds United semuanya akan melakukan debut internasional mereka.

Penjaga gawang Dean Henderson yang kembali ke Manchester United setelah dipinjamkan ke Sheffield United musim lalu, juga dipanggil bersama dengan kiper utama Jordan Pickford dan cadangan Nick Pope.

Gelandang Jack Grealish, yang mengawal Aston Villa untuk tetap di Liga Premier tidak masuk skuad, begitu pula bek Burnley James Tarkowski.

Ben Chilwell dan Luke Shaw sama-sama cedera sehingga Inggris tak diperkuat bek kiri terkemuka sehingga salah satu bek kanannya harus relah berganti posisi ke kiri.

Inggris sudah tidak bermain sejak November tahun lalu karena pandemi COVID-19 yang juga memaksa Euro 2020 dimundurkan satu tahun.

Skuad Inggris:
Kiper: Dean Henderson, Jordan Pickford, Nick Pope
Bek: Trent Alexander-Arnold, Eric Dier, Joe Gomez, Michael Keane, Tyrone Mings, Kieran Trippier, Kyle Walker
Gelandang: Phil Foden, Mason Mount, Kalvin Phillips, Declan Rice, James Ward-Prowse, Harry Winks
Penyerang: Tammy Abraham, Mason Greenwood, Danny Ings, Harry Kane, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Raheem Sterling

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber