Indonesia raih tiga emas kejuaraan Karate 1 Series A Jakarta 2022

Jakarta (ANTARA) – Indonesia meraih 11 medali pada kejuaraan karate internasional Karate 1 Series A 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Dari 11 medali tersebut, tiga di antaranya adalah medali emas yang didapat dari nomor kata beregu putra dan putri, serta kumite +68kg putri.

Emas dari kata beregu putra direbut oleh tim Pelatnas Karate Indonesia yang diperkuat Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi setelah mengalahkan tim DKI Jakarta pada partai final, Minggu.

Emas pada kata beregu putri menjadi milik tim Jawa Barat yang pada partai final berhasil mengalahkan skuad Pelatnas. Selanjutnya, Dessynta Rakawuni Banurea memastikan emas ketiga Indonesia setelah memenangi final melawan Hannah Sullivan dari Australia di nomor kumite +68kg putri.

Baca juga: Karate 1 Series A Jakarta momen atlet tingkatkan kualitas

Sementara itu, Annisa Nur Anggraini gagal menyumbang emas bagi Indonesia setelah kalah dari Shahmalarani Chandran asal Malaysia dalam perebutan medali emas nomor kumite -50 kg putri.

Selain tiga emas dan tiga perak, tuan rumah juga mengantongi lima medali perunggu dari lima nomor. Hasil tersebut sekaligus menjadi pencapaian terbaik Indonesia karena mampu meraih hingga tiga emas dalam kompetisi karate internasional. Indonesia sebelumnya tidak pernah mendapatkan satu pun emas pada perlombaan kategori senior dalam seluruh ajang WKF tingkat dunia.

“Kemarin memang kami memasang target satu medali emas. Alhamdulillah kami sudah mencapai target itu bahkan dua lainnya kami juga sudah mendapat emas karena all Indonesia final,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB FORKI) Raja Sapta Ervian dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut, Ervian menjelaskan bahwa setelah WKF Series A Jakarta 2022, para atlet akan mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Asia 2022 AKF Senior, Cadet, Junior, U21 & Para-Karate di Tashkent, Uzbekistan, 16-20 Desember.

Baca juga: Menilik upaya Li Yinggang mewariskan seni bela diri China

Berikut perolehan medali Indonesia WKF Karate 1 Series A 2022:

Medali emas:
Kata beregu putri (Arkani, Pitaloka, Resta)
Kata beregu putra (Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi)
Kumite +68 kg putri: Dessynta Rakawuni Banurea

Medali perak:
Kata beregu putri
Kata beregu putra
Kumite -50 kg putri: Annisa Nur Anggraini

Medali perunggu:
Kata perseorangan putri: Sekar Damayanti Marzella
Kumite -50kg putri: Seri Devi Ida
Kumite -68kg putri: Georgia Zefanya Ceyco
Kata perseorangan putra: Hazel Ramadhan
Kumite +84kg putra: Sandi Firmansyah

Baca juga: KOBI akan kirim 20 petarung MMA Indonesia latihan intensif di AS

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber