Imam Teguh Santoso, Pelatih Asal Indonesia yang Dampingi Pebulu Tangkis Finlandia di Olimpiade Tokyo 2020

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa Indonesia punya segudang talenta berbakat di cabang olahraga bulu tangkis. Tak hanya menelurkan pemain-pemain berkualitas dunia, Indonesia juga memiliki sederet pelatih bulu tangkis yang luar biasa. Alhasil, beberapa nama kini berkarier di luar negeri, salah satunya Imam Teguh Santoso.

Ya, Imam Teguh Santoso masuk daftar pelatih bulu tangkis asal Indonesia yang berkarier di luar negeri. Dia kini memilih menangani para pebulu tangkis di Finlandia.

Imam Teguh Santoso. Foto: Instagram/@imamteguhsant

Sosok Imam Teguh Santoso turut jadi sorotan kala gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung beberapa bulan lalu. Sebab, dia turut hadir dalam pesta olahraga terakbar di dunia itu untuk mendampingi atlet-atlet bulu tangkis Finlandia.

BACA JUGA: Piala Sudirman 2021 Segera Mulai, Lutut Greysia Polii Masih Bermasalah

Perjalanan karier Imam Teguh Santoso di Finlandia sendiri dimulai dengan melatih sebuah klub bernama Espoo Sulkapallo-Badminton. Tangan dinginnya mulai dirasakan para atlet tepok bulu Filipina pada 2009.

BACA JUGA: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Verawaty Wiharjo Sakit Kanker Paru-Paru, Pemerintah Tanggung Semua Biaya Pengobatan

Kemudian, karier Teguh makin tersohor usai sukses membantu meloloskan pebulu tangkis Finlandia ke Olimpiade 2016 yang digelar di Rio de Janeiro. Kala itu, Teguh diberi kepercayaan untuk mendampingi salah satu pemain bernama Nanna Vainio.

Sayangnya, penampilan Nanna Vainio tak apik kala itu. Pebulu tangkis kelahiran 1991 itu langsung menelan kekalahan di babak pertama Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dari pemain unggulan asal Spanyol, Carolina Marin.

Sumber

__Posted on
21 September 2021
__Categories
All Sport