Horner konfirmasi Red Bull tawarkan bangku untuk Ricciardo

Jakarta (ANTARA) – Christian Horner pada Sabtu mengonfirmasi bahwa Red Bull telah menawari Daniel Ricciardo pulang ke bekas timnya itu pada musim 2023 sebagai pebalap ketiga untuk mendukung Max Verstappen dan Sergio Perez.

Ricciardo akan meninggalkan grid F1 setelah menjalani dua musim yang berat dengan McLaren, yang memilih talenta muda Oscar Piastri untuk ditandemkan dengan Lando Norris tahun depan, namun ingin mendapatkan kembali bangku untuk membalap pada 2024.

Penasihat tim Red Bull Helmut Marko pada Jumat dalam wawancara dengan Sky Jerman di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi memberikan bocoran bahwa Ricciardo akan kembali ke tim berlogo banteng merah itu sebagai pebalap ketiga untuk musim 2023, juga untuk kepentingan pertunjukan dan marketing.

“Kami belum menandatangani apapun, tapi Helmut secara antusias pastinya sudah mengumumkannya,” kata Horner dikutip laman resmi Formula 1. “Saya rasa itu berarti Daniel akan bergabung dengan kami, kecuali jika dia tidak memilih untuk menekennya.”

Baca juga: Ricciardo disiapkan bangku pebalap ketiga Red Bull pada 2023

“Daniel adalah karakter yang besar. Mengecewakan melihat performanya tahun ini, saya rasa dia akan ingin hasil yang lebih baik lagi pada musim ini. Tapi dia masihlah salah satu nama dan karakter terbesar di F1, dan tentunya dia memiliki sejarah sebagai pebalap junior Red Bull.

“Dengan permintaan yang ada terhadap para pebalap sekarang ini, mulai dari perspektif marketing saja… kami adalah tim yang sangat aktif, kami melakukan banyak sekali pertunjukan dan acara, dan memiliki seorang pebalap dengan profil Daniel dan sejarahnya dengan tim ini merupakan aset bagi kami.”

Selain itu, sebagai pebalap ketiga, Ricciardo, yang membalap untuk Red Bull pada 2014 hingga 2018 sebelum berlabuh ke Renault untuk musim 2019, juga akan mendapat tugas dalam pengembangan mobil di simulator.

Sedangkan kontrak Verstappen dan Perez di Red Bull akan berakhir pada pengujung 2028 dan 2024.

Sementara itu, pebalap Formula 2 Liam Lawson akan melanjutkan perannya sebagai pebalap cadangan untuk Red Bull dan tim junior AlphaTauri pada tahun depan.

Baca juga: Verstappen klaim pole saat Red Bull kuasai baris terdepan GP Abu Dhabi
Baca juga: Setelan RB18 pas di Abu Dhabi, kata Verstappen setelah puncaki FP2
Baca juga: Binotto “merasa rileks” tepis rumor bakal dipecat Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber