Hoaks! Suporter Brasil sambut timnas dengan lemparan ke bus


Jakarta (ANTARA/JACX) – Kekalahan tim sepak bola nasional Brasil pada pertandingan delapan besar Piala Dunia 2022 dari timnas Kroasia 9 Desember 2022 masih menyisakkan kepedihan bagi para suporter tim Samba.

Para punggawa timnas Brasil telah meninggalkan Qatar pada Sabtu (10/12).

Namun, muncul unggahan video di Twitter yang memperlihatkan sekelompok orang melemparkan sesuatu ke arah bus yang diklaim sebagai bus Timnas Brasil.

Video berdurasi satu menit 16 detik tersebut mengklaim para suporter yang kecewa atas penampilan Neymar Jr dan kawan-kawan langsung mendapatkan sambutan berupa lemaran barang-barang.

Unggahan video tersebut telah ditayangkan lebih dari 10 ribu kali.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
Sudah jatuh tertimpa tetangga

Kesebelasan Brazil kalah tragis…pulang kampung bukannya disambut malah disambiti pemujanya…..”

Namun, benarkah Timnas Brasil mendapatkan sambutan dengan lemparan dari para suporter saat kembali dari Piala Dunia 2022?

Unggahan video hoaks yang menyatakan timnas Brasil menuai lemparan dari para suporter. Faktanya, video yang juga muncul pada 2018 itu tentang aksi sejumlah orang ke bus yang membawa mantan Presiden Lula da Silva di jalan raya dekat So Miguel do Iguaçu. (Twitter)

Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, video serupa ditemukan di YouTube dan diunggah pada Maret 2018. Video itu menunjukkan aksi warga Brasil menyerang bus yang diyakini membawa Presiden Brasil saat itu, Lula da Silva, di negara bagian Paraná, Brasil selatan. 

Menurut media Brasil pada 27 Maret 2018, orang-orang menyerang sebuah bus di jalan raya dekat So Miguel do Iguaçu dengan telur, yang diyakini membawa mantan Presiden Lula da Silva. 

Dengan demikian, video yang dinarasikan bus rombongan timnas Brasil dilempari telur oleh fansnya karena kalah di Piala Dunia 2022 merupakan keliru atau hoaks.
 

Klaim: Suporter Brasil sambut timnas dengan lemparan ke bus
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Azimat di gawang tim Piala Dunia Qatar

Cek fakta: Hoaks! Video perayaan dengan senjata atas kemenangan tim Maroko

Baca juga: Preview final Piala Dunia 2022: Prancis vs Argentina

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber