Hitung-hitungan agar Joan Mir Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2020 Pekan Depan

VALENCIA – Langkah Joan Mir untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020 semakin ringan. Pembalap Tim Suzuki Ecstar itu bahkan sudah bisa mengunci gelar juara dunia pada seri berikutnya di MotoGP Valencia 2020 akhir pekan ini.

Keberhasilan memenangi balapan MotoGP Eropa 2020 akhir pekan lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, semakin memuluskan langkah Joan Mir. Tambahan 25 poin membuatnya kukuh di puncak klasemen dengan nilai 162.

Torehan poin tersebut membuat Joan Mir mengungguli rekan setimnya, Alex Rins, di tempat ketiga dengan nilai 125. Koleksi poin pembalap asal Spanyol itu sama dengan Fabio Quartararo, tetapi El Diablo berhak menduduki peringkat dua berkat jumlah kemenangan yang lebih banyak.

Baca juga: Gelar Juara di Depan Mata, Joan Mir Sudah Punya Strategi

Joan Mir di ambang gelar juara (Foto: MotoGP)

Sayangnya, jumlah kemenangan yang lebih banyak tidak diimbangi dengan konsistensi penampilan. Hal itu membuat Fabio Quartararo semakin tertinggal dari Joan Mir. Sekali pun baru sekali meraih kemenangan, pembalap berusia 23 tahun itu sangat konsisten menuai angka.

Konsistensi itu pula yang menjadi kunci keberhasilan Joan Mir. Bahkan, konsistensi itu bisa mengantarnya pada gelar prestisius, juara dunia MotoGP 2020, pekan depan. Syaratnya, pembalap bernomor motor 36 itu hanya perlu finis lebih baik dari kedua pesaingnya.

Saat ini, selisih poin antara Joan Mir dengan Alex Rins dan Fabio Quartararo adalah 37 poin. Untuk mengunci gelar juara dunia, ia perlu menjaga selisih minimal 26 angka. Jika salah satu dari Alex Rins atau Fabio Quartararo menang di Valencia pekan depan, Joan Mir minimal harus finis ketiga.

Sumber

__Posted on
9 November 2020
__Categories
All Sport