Gaji Alex Marquez Setara Quartararo, Rossi Tertinggi Kedua

DALAM Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, nyatanya bukanlah rider dengan gaji tertinggi. Menurut laporan yang dimuat oleh Sportekz, Minggu (30/8/2020), Rossi hanya menempati posisi kedua dengan upah 10,5 juta dolar AS atau sekira Rp154 miliar per tahun.

Meski Rossi merupakan ikon MotoGP dan telah menjadi juara dunia sembilan kali, namun The Doctor sudah menua dan tidak kompetitif lagi. Maka dari itu, nilai kontrak Rossi di Yamaha mengalami penurunan pada 2019 dari sebelumnya 12 juta dolar AS.

Saat ini, pembalap dengan haji tertinggi di MotoGP adalah Marc Marquez. Menandatangani kontrak jangka panjang dengan Repsol Honda, The Baby Alien memiliki gaji sebesar 14,5 juta dolar AS (Rp212,7 miliar) per tahun.

Baca juga: KTM Meningkat Pesat, Pol Menyesal Jadi Rekan Setim Marquez?

Marc Marquez

Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh rekan setim Rossi, Maverick Vinales. Tercatat, pembalap berjuluk The Top Gun itu dibayar 8 juta dolar AS (Rp117,3 miliar) setiap tahunnya.

Adapun pesaing Marquez dalam perburuan gelar juara selama tiga musim terakhir, Andrea Dovizioso, hanya digaji sebesar 5,6 juta dolar AS (Rp82,1 miliar) oleh Ducati. Tak mengherankan jika Dovizioso meminta kenaikan gaji agar setidaknya setara dengan Vinales.

Kejutan juga datang dari pembalap pendatang baru (rookie) Alex Marquez. Bagaimana tidak, sebagai pendatang baru, Alex langsung mendapat pemasukan yang cukup fantastis, yaitu 1,5 juta dolar AS (Rp22 miliar).

Sumber