Froome dan Thomas dikeluarkan dari skuat Ineos untuk Tour de France

Saya menjalani pemulihan yang luar biasa akibat kecelakaan parah yang saya alami tahun lalu
Jakarta (ANTARA) – Chris Froome dan Geraint Thomas dikeluarkan dari skuat pebalap tim Ineos untuk Tour de France edisi 2020.Dilansir dari AFP, Rabu, manajer tim Ineos Dave Brailsford mengatakan bahwa Froome tidak punya kesempatan untuk merebut gelar Tour de France kelimanya karena dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk pemulihan setelah kecelakaan tahun lalu.

Baca juga: Chris Froome mundur dari tim Ineos akhir tahun ini

Sebagai gantinya, pebalap berusia 35 itu ditunjuk sebagai pemimpin balapan untuk Vuelta a Espana yang akan digelar 20 Oktober-8 November.

Froome telah berjuang keras untuk mendapatkan kembali kondisi puncaknya setelah mengalami kecelakaan parah di Tour de France edisi tahun lalu, hal yang sempat mengancam karirnya sebagai pebalap berakhir.

Namun Froome yang mengalami patah tulang leher, tulang paha, pinggul, akibat kecelakaan itu mengaku bahwa dia sedang berada dalam kondisi yang sulit untuk balapan yang akan dimulai di Nice pada 29 Agustus nanti.

“Saya menjalani pemulihan yang luar biasa akibat kecelakaan parah yang saya alami tahun lalu. Saya merasa beruntung bisa kembali balapan,” kata Froome yang mengincar gelar ketiganya di Vuelta a Espana.

Baca juga: Cedera serius, Chris Froome tidak ikut Tour de France
Baca juga: Froome alami patah kaki, pinggul dan lengan

“Tapi saya tidak yakin bisa memenuhi target di Tour de France. Saya pikir target di Vuelta a Espana jauh lebih realistis,” katanya.

Sementara itu, Geraint Thomas dikeluarkan dari susunan pebalap Ineos untuk Tour de France, dan ditunjuk untuk memimpin tim sekaligus merebut gelar di Giro d’Italia yang berlangsung 3-25 Oktober.

Adapun juara Giro d’Italia tahun lalu, Richard Carapaz telah dipanggil untuk masuk ke skuat Tour de France, menemani Egan Bernal yang didapuk sebagai pemimpin tim Inoes di Prancis.

Baca juga: Bernal akan atur ulang program latihan demi pertahankan gelar TdF

“Egan ditargetkan untuk kembali meraih jersey kuning di Prancis. Kami juga sangat bersemangat untuk memberikan kesempatan kepada pemenang Giro tahun lalu, Richard Carapaz, untuk memulai debutnya di Tour de France tahun ini,” kata Brailsford.

Berikut susunan tim Ineos untuk Tour de France 2020:

Andrey Amador (Kostarika), Egan Bernal (Kolombia), Richard Carapaz (Ekuador), Jonathan Castroviejo (Spanyol), Michal Kwiatkowski (Polandia), Luke Rowe (Inggris), Pavel Sivakov (Rusia), Dylan van Baarle (Belanda).

Baca juga: Ineos yakin Bernal akan dapat ikuti TdF meski mundur dari Dauphine

<

p class=”text-muted small mt10″>Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020
Sumber