Dokter Tirta dukung liga digelar agar hibur masyarakat

Jakarta (ANTARA) – Dokter sekaligus pegiat media sosial Tirta Mandira Hudhi mendukung penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021-2022 karena kompetisi itu bisa menjadi hiburan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.”Saat ini psikis masyarakat terganggu, tidak dalam situasi ideal karena beragam berita pandemi COVID-19 yang porsinya berlebihan. Masyarakat butuh hiburan karena itu bisa menjadi imun yang menyehatkan tubuh. Siaran sepak bola itu termasuk hiburan,” ujar Tirta, dikutip dari laman PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Jakarta, Kamis.

Meski demikian, alumnus Universitas Gadjah Mada tersebut mengingatkan agar Liga 1 dan 2 tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah merebaknya COVID-19.

Baca juga: LIB berikan hak komersial untuk klub Liga 1 pada Juli 2021

Tirta mencontohkan pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang lancar tanpa adanya kasus COVID-19 hingga kompetisi tuntas.

Pria yang juga pebisnis itu menyadari Piala Menpora 2021 menyisakan kisah tentang pelanggaran berupa kerumunan suporter setelah partai final.

Oleh karena itu, dia meminta LIB dan PSSI mengeluarkan regulasi khusus untuk mencegah situasi sejenis terulang ketika Liga 1 dan 2 berlangsung.

“Memang ada sedikit masalah soal disiplin suporter usai final. Sekarang fokusnya tinggal bagaimana PSSI dan LIB memastikan kepada publik bahwa suporter atau penonton tidak datang ke stadion dan berkerumun. Harus ada aturan tegas. Jika tetap ada suporter yang datang, klub akan mendapatkan hukuman berat,” tutur Tirta.

Baca juga: Jacksen Tiago buka kans latih tim luar negeri

Direktur LIB Akhmad Hadian Lukita mendukung pendapat Tirta yang menyebut sepak bola dapat menambah imun tubuh.

“Kami sepakat, menonton sepak bola adalah imun. Sambil berharap angka pandemi COVID-19 turun, mari semuanya berkomitmen dengan rencana bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Tidak datang ke stadion, cukup dukung dari rumah dan tidak berkerumun,” kata Akhmad Hadian.

Pelaksanaan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021-2022 ditunda oleh PSSI dan LIB dengan pertimbangan kasus COVID-19 yang terus melonjak di Indonesia.

Pemerintah Indonesia pun tengah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. PPKM Darurat tidak memperkenankan adanya kegiatan yang membuat kerumunan termasuk aktivitas olahraga.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 sebelumnya dijadwalkan bergulir mulai 9 Juli 2021 sampai Maret 2022. Rencananya, kompetisi ini akan digulirkan pada akhir Agustus 2021 atau sekitar sebulan setelah PPKM Darurat selesai.

Sementara Liga 2 2021, yang jadwalnya belum ditetapkan, ditargetkan berlangsung sejak dua minggu setelah pembukaan Liga 1.

Baca juga: Klok dan Rashid ajak masyarakat taati prokes cegah COVID-19
Baca juga: Tony Sucipto belum berencana jadi pelatih profesional

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

__Posted on
15 July 2021
__Categories
Indonesia