Dilarang Dekat Umpire dan Dilarang Meludah: Aturan Baru MLB 2020

Musim liga bisbol asal Amerika Serikat Major League Baseball (MLB) akan segera kembali berlangsung setelah harus ditunda karena pandemi virus corona (Covid-19). Musim yang rencananya akan dimulai 23 Juli tersebut akan disertai dengan aturan-aturan baru yang akan membuat musim ini layak untuk ditonton.

Menyambut musim baru di tengah pandemi, MLB mengeluarkan panduan peraturan baru yang harus ditaati di dalam dan luar lapangan. Selain protokol kesehatan yang harus ditaati, peraturan baru ini juga berhubungan dengan perlindungan dan kesehatan para pemain dan staf yang menghiasi jalannya musim 2020 ini.

Pada 30 Juni 2020. MLB mengeluarkan panduan tambahan yang akan digunakan dalam pertandingan musim ini. Salah satunya adalah larangan untuk meludah. Virus corona merupakan virus yang bergerak dari inang ke inang lain lewat cairan ludah dan tenggorokan manusia, oleh karena itu MLB melarang segala bentuk ludah yang dikeluarkan selama jalannya pertandingan.

Hal tersebut menjadi sesuatu yang janggal mengingat pemain MLB biasa meludah saat pertandingan akibat mengunyah permen karet dan biji bunga matahari (seeds). Akan tetapi, MLB memperbolehkan pemain untuk mengunyah permen karet meskipun dilarang meludahkannya di dalam stadion secara sembarangan.

Karena transmisi virus corona berasal dari cairan tenggorokan dan ludah, pitcher MLB dilarang untuk menjilat jarinya sebelum melempar. Kebiasaan tersebut dilakukan agar jari yang digunakan tetap lembab dan lengket sehingga dapat mencengkram bola lebih baik. Karena larangan tersebut, MLB memperbolehkan pitcher membawa handuk basah di kantong belakang celana mereka untuk melembabkan jari.

MLB juga akan menerapkan aturan agar setiap pemain dan staf menjaga jarak antar satu sama lain. Kartu lineup yang digunakan sebagai catatan posisi dan urutan pemukul yang biasa ditukarkan antar tim tidak lagi digunakan. Sebagai gantinya, MLB akan menyediakan aplikasi berbasis ponsel untuk bertukar kartu lineup.

Selain itu, MLB mengharuskan pemain untuk tidak berdekatan dengan pemain lawan. Salah satu yang dilarang adalah bersosialisasi dengan tim lawan saat pemanasan. Selain itu, pemain firstbaseman dan thirdbaseman dilarang berdekatan dengan pelatih lawan yang berada di coach box. Catcher yang ingin memberi instruksi kepada pemain lain juga harus menjauh dari pemukul sebelum kembali kembali ke posisinya.

Pemain dan pelatih juga dilarang untuk melakukan protes kepada umpire dari jarak dekat. MLB mewajibkan pemain dan pelatih melakukan protes terhadap umpire dengan jarak kurang lebih dua meter. Pemain juga dilarang untuk bertengkar di dalam stadion saat pertandingan berlangsung. Segala bentuk pelanggaran atas umpire dan pemain lain akan membuat pihak yang terlibat dikeluarkan dari pertandingan dan didenda.

Dengan aturan-aturan tersebut, musim MLB ini akan menjadi salah satu musim terunik sepanjang masa. Selain karena hanya memainkan 60 pertandingan setiap timnya, peraturan baru yang akan digunakan pasti berdampak kepada psikologi pemain. Menarik untuk disimak bagaimana para pemain beraksi di tengah pandemi.