Dihukum Penalti 3 Detik, Quartararo Berkilah Tidak Ada Peringatan

MISANO – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, mengaku tidak melihat adanya peringatan dari Race Direction atas pelanggaran yang dilakukannya pada MotoGP Emilia Romagna 2020. Karena itu, ia terkejut dihukum penalti tambahan waktu 3 detik.

Sebagaimana diketahui, Fabio Quartararo sesungguhnya finis pada posisi tiga di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli, Minggu 20 September 2020 malam WIB. Namun, posisi finisnya mundur satu peringkat setelah mendapatkan hukuman penalti tambahan waktu.

Hukuman itu diberikan karena Fabio Quartararo dinilai mengabaikan long lap penalty. Ia memilih melewati jalur balap biasa alih-alih jalur hukuman penalti di Sirkuit Misano. Padahal, peringatan sudah dikirim ke panel yang ada di dashboard motor.

Baca juga: Gara-Gara Quartararo, Miller Sudahi Balapan MotoGP Emilia Romagna Lebih Cepat

Fabio Quartararo gagal naik podium (Foto: MotoGP)

Race Direction menjatuhkan long lap penalty karena Fabio Quartararo melanggar batas trek (track limit) sebanyak lima kali. Pembalap asal Prancis itu berkilah sama sekali tidak melihat munculnya peringatan di dashboard.

“Saya mendapat penalti, tetapi pengawas balapan tidak mengirimkan pesan apa pun tentang pelanggaran batas trek. Jadi, saya sedikit terkejut,” kilah Fabio Quartararo, dikutip dari Crash, Senin (21/9/2020).

“Saya menengok dashboard setidaknya tiga kali per putaran. Jadi, ini pasti sesuatu yang saya lihat. Sebab, ada semacam cahaya berwarna oranye di dashboard. Normalnya, ketika seseorang mengirimkan pesan, Anda langsung melihatnya,” sambung pria berjuluk El Diablo tersebut.

Sumber

__Posted on
21 September 2020
__Categories
All Sport