Didakwa Rasis, Apa Sanksi yang Akan Diterima Edinson Cavani?

LONDON – Federasi Sepakbola Inggris (FA) mendakwa penyerang Manchester United, Edinson Cavani terkait komentar yang dianggap rasis di Instagram. Jika terbukti bersalah, apa sanksi yang akan diterima pemain asal Uruguay tersebut?

Cavani membuat komentar yang didituduh rasis setelah Man United meraih kemenangan 3-2 dari Southampton di Liga Inggris pada Minggu 30 November 2020. Pemain asal Uruguay itu mencetak dua gol dan memberi satu asistensi.

Foto/Instagram

Selepas laga, Cavani mendapat ucapan selamat dari pengikutnya di Instagram. Cavani pun membalas dengan menggunakan istilah Spanyol “negrito”, yang berarti ‘hitam’. Cavani sudah menghapus komentarnya tersebut dan meminta maaf.

Baca juga: Edinson Cavani Didakwa Berbuat Rasis, Man United Membela

Meski demikian, FA tetap melakukan penyelidikan dan mendakwa Cavani. Jika dinyatakan bersalah, Cavani akan terkena sanksi larangan minimal tiga pertandingan.

Aturan itu sesuai dengan pedoman FA terkait rasisme yang dikeluarkan menjelang dimulainya Liga Inggris musim ini. Federasi melarang bahasa dan perilaku rasial serta diskriminatif di media sosial. Para pemain yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa minimal larangan bermain tiga pertandingan.

“Diduga, bertentangan dengan Peraturan FA E3.1, sebuah komentar yang diposting di halaman Instagram pemain Manchester United FC menghina dan/atau kasar dan/atau tidak pantas dan/atau membuat permainan menjadi buruk,” kata FA dalam sebuah pernyataan terkait komentar Cavani di Instagram, mengutip BBC, Kamis (17/12/2020).

Sumber

__Posted on
17 December 2020
__Categories
Liga Inggris, Sepakbola